Tiga Pesan Penting Ini Disampaikan Jokowi ke Arab Saudi

"Ketiga pesan Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yakni, pertama, sebagai sesama negara muslim, Indonesia selalu mengajak Arab Saudi untuk mensyiarkan perdamaian dan toleransi. Presiden juga menyampaikan penyelesaian konflik harus secara damai,"

Tiga Pesan Penting Ini Disampaikan Jokowi ke Arab Saudi

Telegraf, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al-Jubeir di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (22/10/18).

Dalam pertemuan ini, Jokowi menyampaikan tiga pesan penting terkait hubungan bilateral antar kedua negara yang nantinya akan dibahas lebih detail oleh Menlu Indonesia dan Arab Saudi.

“Beliau memberikan arahan apa yang menjadi perhatian Indonesia di dalam hubungan dengan Saudi Arabia karena secara detail besok akan dibahas oleh kedua menteri luar negeri,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Ketiga pesan Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yakni, pertama, sebagai sesama negara muslim, Indonesia selalu mengajak Arab Saudi untuk mensyiarkan perdamaian dan toleransi. Presiden juga menyampaikan penyelesaian konflik harus secara damai,” terangnya.

Kedua, adalah penguatan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, terutama di antara negara-negara muslim.

“Karena sebenarnya kalau kita bicara mengenai masalah potensi, maka potensi negara-negara muslim ini besar sekali dan potensi ini belum digunakan secara optimal. Oleh karena itu, Presiden mengharapkan kiranya kerjasaama ekonomi antara Indonesia dan Saudi Arabia dapat ditingkatkan,” jelasnya.

Ketiga, Presiden Jokowi menitipkan perlindungan warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal dan bekerja di Arab Saudi.

“Karena teman-teman tahu bahwa banyak sekali jumlah warga negara kita yang tinggal dan bekerja di Saudi Arabia. Oleh karena itu, Presiden kembali menitipkan perlindungan WNI kepada Saudi Arabia melalui menlu,” pungkasnya. (Red)


Photo Credit : Presidential Palace/Rahmat

 

KBI Telegraf