Bidik Peluang Bisnis Properti di Tengah Hantaman Badai Pandemi

“Landed house juga akan banyak diminati oleh konsumen,”

Bidik Peluang Bisnis Properti di Tengah Hantaman Badai Pandemi


Telegraf – Sektor properti tak lepas dari hantaman badai pandemi Covid-19. Pasalnya masyarakat mengerem untuk melakukan investasi sehingga terjadi penurunan penjualan properti.

Direktur Utama PT Prioritas Land, Marcellus Chandra mengakui merasakan dampak penurunan penjualan yang signifikan di tahun 2020. Hal ini dikarenakan sulitnya untuk mengajak calon pembeli datang melihat unit yang akan dijualnya. Investasi di properti belum menjadi prioritas utama saat itu, sehingga penjualan menjadi turun drastis, ungkapnya.

Namun ia meyakini bahwa saat ekonomi sedang lesu justru bisa dijadikan momentum untuk membeli properti karena akan banyak keuntungan yang didapat oleh konsumen. Contohnya banyak developer yang akan memberikan keringanan pembiayaan dan promo menarik.

Pengusaha properti, Clement Francis melihat di tahun 2021, dengan adanya program vaksinasi akan membuat ekonomi kembali bergairah dibandingkan tahun 2020. Adapun harga property yang akan diminati masyarakat yaitu di bawah Rp 2 miliar.

“Landed house juga akan banyak diminati oleh konsumen,” katanya.

Ia menyampaikan bahwa pengusaha property juga harus bisa mengikuti perubahan perilaku konsumen yang sudah beralih ke arah digital. Sehingga pemasaran melalui digital dinilai paling efektif di tengah pandemic ini.

“Contohnya penjualan di BSD dimana pembelinya cukup high class dan mereka pun melihatnya promosinya dari Youtube, sehingga ini memudahkan mereka untuk melihat tanpa perlu datang ke lokasi,” jelasnya.

Marcellus membenarkan hal tersebut, saat ini pihaknya juga melakukan pemasaran melalui digital dengan package produk yang menarik. Pihaknya juga terus berusaha mencari package produk menarik yang kemudian dipasarkan melalui social media seperti Instagram, Facebook dan lainnya. Adapun kemudahan lain yang diberikan konsumen yakni adanya kerjasama dengan perbankan untuk memberikan keringanan pembiayaan serta subsidi di Down Payment (DP).

“Saya optimis tahun ini akan ada perbaikan, hal ini terlihat adanya peningkatan di Januari,” tandasnya.


Photo Credit: Pameran properti Real Estat Indonesia (REI). MI/RAMDANI

 

Didik Fitrianto

close