Belum Deal Soal Kesepakatan, Prancis Tunda Lelang Frekuensi 5G Hingga 2020

"Pelaku industri telekomunikasi Prancis mengatakan kehadiran 5G akan memungkinkan unduh data 10 kali lipat lebih cepat dari jaringan 4G."

Belum Deal Soal Kesepakatan, Prancis Tunda Lelang Frekuensi 5G Hingga 2020


Telegraf, Paris – Prancis tampaknya akan menunda pelelangan spektrum 5G setidaknya hingga Maret 2020. Tiga bulan lebih lambat dari jadwal sebelumnya yang rencananya dimulai pada akhir tahun ini.

Penundaan tersebut ditengarai karena adanya ketidaksepakatan antara Kementerian Keuangan Prancis dan Otoritas Telekomunikasi, Arcep, mengenai ukuran spektrum yang dilelang dan harga dasar pelelangan, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (19/11/19).

Salah seorang narasumber yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan ada pembicaraan yang akhirnya menunda proses hukum untuk memberikan hak penggunaan gelombang radio 5G.

Frekuensi yang dipermasalahkan tersebut sebelum telah direncanakan untuk digunakan oleh operator telekomunikasi untuk mengembangkan jaringan generasi baru tersebut.

Layanan 5G sendiri baru tersedia di sembilan negara Eropa, termasuk Spanyol, Inggris, Irlandia, Jerman, dan Italia. Hal tersebut pun menjadikan Prancis sebagai negara besar Eropa yang mengadopsi teknologi jaringan 5G paling terakhir.

Pelaku industri telekomunikasi Prancis mengatakan kehadiran 5G akan memungkinkan unduh data 10 kali lipat lebih cepat dari jaringan 4G. Selain itu kemungkinan terjadinya gangguan koneksi internet pun jauh lebih kecil. (Red)


Ilustrasi foto. REUTERS/Rafael Marchante

Ishwari Kyandra

close