Tokoh Pers Nasional dan Pendiri Kompas, Jakob Oetama Wafat

"Cinta dan perhatian kita tetap tersampaikan kepada Almarhum meskipun tidak hadir secara langsung. Terima kasih untuk tidak mengunggah foto maupun video rangkaian acara ini di media sosial,"

Tokoh Pers Nasional dan Pendiri Kompas, Jakob Oetama Wafat

Telegraf – Grup Kompas Gramedia (KG) mengumumkan secara resmi berita duka meninggalnya pendiri KG sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama (88), Rabu (09/09/2020). Jakob Oetama lahir di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada 27 September 1931, sebelum terjun ke dunia jurnalistik dan media, Jakob mengawali karirnya pertama kali sebagai seorang pengajar dan guru sekolah, hingga akhirnya bersama PK Ojong mereka mendirikan Kompas.

Jakob adalah putra seorang pensiunan guru di Sleman, Yogyakarta. Karier jurnalistiknya dimulai ketika menjadi redaktur Mingguan di Penabur pada 1956 dan berlanjut dengan mendirikan majalah Intisari pada tahun 1963 rekannya PK Ojong.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 28 Juni 1965, bersama PK Ojong juga, Jakob kemudian mendirikan Kompas yang dikelolanya hingga kini. Dan pada tahun 80-an Kompas menjelma menjadi Kompas Gramedia Group sebuah raksasa industri media di Indonesia.

Bersama dengan Jusuf Wanandi, Muhammad Chudori, Eric Samola, Fikri Jufri, Goenawan Mohamad, HG Rorimpandey, dan Harmoko, Jakob juga ikut mendirikan The Jakarta Post, harian nasional Indonesia berbahasa Inggris.

Almarhum sendiri rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta.

Tokoh Pers Nasional dan Pendiri Kompas, Jakob Oetama Wafat

Komisaris Presiden Kompas Gramedia Group, Jakob Oetama. FILE/KG

Tokoh pers senior nasional tersebut tutup usia pada Rabu, 09 September 2020 sekitar pukul 13:05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta dalam usia 88 tahun.

Almarhum Jakob disemayamkan di Kantor Kompas Gramedia Palmerah Selatan dan akan dihantarkan menuju tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta pada Kamis, 10 September 2020 besok.

Baca Juga :   Tercatat Dalam Sehari Ada 4.465 Orang di Indonesia Terinfeksi Covid-19

Namun terkait dengan penerapan protokol kesehatan selama situasi pandemi, karyawan maupun purnakaryawan yang hendak menyampaikan penghormatan terakhir kepada almarhum dapat mengikuti prosesi persemayaman dan pemakaman secara daring melalui tautan www.kompas.tv/live.

“Cinta dan perhatian kita tetap tersampaikan kepada Almarhum meskipun tidak hadir secara langsung. Terima kasih untuk tidak mengunggah foto maupun video rangkaian acara ini di media sosial,” demikian himbauan dalam keterangan tertulisnya.

Tokoh Pers Senior

Jakob Oetama adalah seorang tokoh pers senior Indonesia. Sejumlah jabatan pernah diembannya antara lain sebagai Pembina Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia dan Penasihat Konfederasi Wartawan ASEAN.

Universitas Gadjah Mada juga menghadiahkan Gelar Doktor Honoris Causa di bidang komunikasi untuknya pada 1973, selain itu Jakob juga menerima penghargaan Bintang Mahaputra Utama dari pemerintah Indonesia pada tahun 1973.


Photo Credit: Tokoh pers nasional Jakob Oetama tutup usia pada Rabu, 09 September 2020 sekitar pukul 13:05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading Jakarta dalam usia 88 tahun. Dok Kompas Gramedia

 

Indra Christianto