KPR BTN Adakan Program Rumah Murah Bagi Pegawai Bergaji Dibawah 2,6 Juta

"Kita akan launching kurang lebih akhir Februari ini, dikhususkan kepada MBR yang punya penghasilan tidak tetap,"

KPR BTN Adakan Program Rumah Murah Bagi Pegawai Bergaji Dibawah 2,6 Juta

Telegraf, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) akan meluncurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pada akhir Februari 2017.

“Kita akan launching kurang lebih akhir Februari ini, dikhususkan kepada MBR yang punya penghasilan tidak tetap,” kata Direktur Utama BTN Maryono, Senin (13/2).

Seperti diketahui, MBR terdiri dari dua yaitu yang berpenghasilan tetap dan tidak tetap. MBR berpenghasilan mendapat fasilitas pembiayaan perumahan melalui Program fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) maupun subsidi bunga.

Mariono menjelaskan, bunga KPR Mikro diperkirakan satu digit seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang besarannya antara 7%-9%. Saat ini diperkirakan potensi MBR berpenghasilan tidak tetap sebanyak 6,3 juta pekerja, tambah Maryono.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimuljono mengatakan target realisasi penyediaan rumah MBR pada 2017 sebanyak 700.000 unit, meningkat dibandingkan 2016 sebanyak 516.000 unit.

Basoeki mengatakan, nantinya rumah-rumah bagi MBR tersebut akan dibangun di lahan-lahan negara seperti milik PT KAI dan aksesnya akan dipermudah karena selama ini rumah murah dibangun jauh dari kota sehingga penghasilan mereka 30%-40% habis untuk biaya transportasi.

Basoeki menjelaskan, KPR Mikro diperuntukkan bagi MBR dengan penghasilan antara Rp 1,2 juta hingga Rp 2,6 juta. (Red)

Photo credit : Ist. Photo


KBI Telegraf