Jelang Operasi, Berikut Kondisi SBY Saat Ini

Jelang Operasi, Berikut Kondisi SBY Saat Ini

"Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY,"

Jelang Operasi, Berikut Kondisi SBY Saat Ini

Telegraf – Presiden ke 6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosis menderita penyakit kanker prostat. Sebagai proses penyembuhkan awal, dilakukan medical treatment ke salah satu rumah sakit di Amerika Serikat (AS).

Anak sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan kondisi ayahnya tersebut, yang kini sedang menjalani pengobatan di AS.

Kabar itu disampaikan sebelum dirinya merespon putusan Mahkamah Agung yang menolak gugatan soal AD/ART Partai Demokrat. AHY mengatakan jika kondisi SBY masih stabil sambil menunggu tindakan operasi oleh dokter.

“Alhamdulillah, Bapak SBY saat ini dalam kondisi yang stabil,” katanya melalui video yang dikirimkan dari Amerika Serikat, Rabu (10/11/2021).

SBY sendiri menjalani pemeriksaan awal di Rumah Sakit Mayo Clinic. Pemeriksaan tersebut dilakukan sebelum SBY akan menjalani operasi.

Kabar SBY sakit itu, sebelumnya diungkapkan oleh Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan. Ia menjelaskan, langkah tersebut setelah konsultasi mendalam dengan tim dokter Indonesia. Konsultasi, juga melibatkan para urolog senior kata Ossy.

“Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat,” katanya di Jakarta, Selasa (02/11/2021).

Menurut Ossy, kanker prostat yang diderita SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Hal ini berdasarkan pemeriksaan metode Magnetic Resonance Imaging (MRI), biopsi, dan Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan.

“Benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri,” jelasnya.

Ossy mengungkapkan, tim dokter menyatakan semua opsi untuk kesembuhan SBY terbuka dan akan berobat ke luar negeri.

“Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY,” terangnya.

Dia menjelaskan, setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat.

“Komunikasi yang dilakukan antara tim dokter Indonesia dan tim dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik dan pihak luar negeri sepakat dan bersedia untuk menangani Bapak SBY. Ketua tim dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY,” jelasnya.

Ossy juga menambahkan, SBY juga telah memberitahukan kabar kondisi kesehatannya kepada presiden Joko Widodo (Jokowi). SBY menghubungi Jokowi untuk melaporkan rencananya berobat ke luar negeri.

“Sesuai dengan etika dan tata krama yang dianut Bapak SBY, beliau sudah menelepon Bapak Presiden Jokowi untuk melaporkan rencana berobat ke luar negeri,” pungkasnya.


Photo Credit: Presiden ke-6 RI yang juga Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan keterangan pers di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta. ANTARA/Hafidz Mubarak

 

A. Chandra S.

close