Quraish Shihab :  Perlunya Ajaran Moderasi Yang Tidak Ekstrim Kekiri dan Ekstrim ke Kanan

"Kita ingin agar ajaran islam ini tersebar di tengah masyarakat yang plural, kita ingin agar ide ide yang disampaikan tidak lagi presis sama dalam rincianya dalam ide ide masa lampau"

Quraish Shihab :  Perlunya Ajaran Moderasi Yang Tidak Ekstrim Kekiri dan Ekstrim ke Kanan

Telegraf, Jakarta – Pakar Tafsir Alquran yang juga pendiri pusat Studi Alquran (PSQ) Prof. Quraish Shihab mengatakan perlunya ajaran moderasi yang tidak ekstrim ke kiri dan ekstrim ke kanan, karena moderasi itu yang terbaik untuk saat ini.

“Kita ingin agar ajaran islam ini tersebar di tengah masyarakat yang plural, kita ingin agar ide ide yang disampaikan tidak lagi persis sama dalam rincianya dalam ide ide masa lampau,” ungkap Prof. Quraish.
Lanjut Prof. Quraish  dulu setelah Nabi wafat setelah umat islam maju dalam hal materi, banyak ulama ulama itu mengajak masyarakat untuk bertasawuf.
Prof Quraish mencontohkan sehingga apa yang terjadi yang diajarkan  misalkan kalau  kerja ini akan dapat pahala sekian, dan klo kerja itu, dapat pahala sekian tekanannya pada pahala.
“Kemudian berkembang setelah kemajuan ilmu pengetahuan  banyak yang menguraikan  kesejalanan ayat ayat Alquran dengan perkembangan ilmu,” tegasnya.
Prof. Quraish menambahkan banyaknya permintaan untuk mengisi dakwah/ceramah yang mengakibatkan tidak semua permintaan yang datang tersebut terlayani Pusat Studi Alquran (PSQ) berinisiatif membuat website CariUstaz.id.
CariUstaz.id adalah Website yang didalamnya terdapat informasi-informasi mengenai ustaz/ustadzah yang berkompeten yang bisa menjalankan fungsi sebagai orang orang yang berpengetahuan yang berusaha menjelaskan ajaran islam di tengah masyarakat plural.
Selain itu juga ustad/ustadjah yang memiliki ciri yang diajarkan oleh Rosulullah SAW, kata Prof Quraish. ( Red)

Credit photo :  Pakar Tafsir Alquran yang juga pendiri pusat Studi Alquran (PSQ) Prof. Quraish Shihab 

(Ka)/telegraf


Share



Komentar Anda