Presiden Joko Widodo Beserta Ibu Iriana Membuka KKI Ke 4 2019

Saya melihat produk produk UMKM-UMKM yang didampingi, dikawal, dibina oleh Bank Indonesia(BI), saya melihat ada lompatan, baik lompatan dari sisi kualitas kemasan/pacaging, kualitas membangun branndnya saya lihat bagus, design sangat drastis sekali dan mulai dimasukan ke marketplace ke digital,"

Presiden Joko Widodo Beserta Ibu Iriana Membuka KKI Ke 4 2019

Telegraf, Jakarta – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana membuka pameran Kriya Kreatif Indonesia 2019 Di Jakarta Convention Center, Jumat (12/7).

“Saya melihat produk produk UMKM-UMKM yang didampingi, dikawal, dibina oleh Bank Indonesia(BI), saya melihat ada lompatan, baik lompatan dari sisi kualitas kemasan/pacaging, kualitas membangun brandnya saya lihat bagus, design sangat drastis sekali dan mulai dimasukan ke marketplace ke digital, ” ungkap Presiden Joko Widodo usai membuka dan meninjau KKI 2019.

Jokowi megatakan bahwa apa yang dilakukan BI selama ini sudah tepat dan bagus, untuk berkompetisi ekspor adalah melalui produk produk hand made, dan di Indonesia kaya akan itu.

“Sebetulnya pasar pasar tertentu masih banyak peluang jadi jangan masuk yang masal/mass prodak, bersaing kita kalah dengan negara negara yang memproduksi secara masal. Yang bener yah seperti ini produk produk handycraft yang penuh dengan ketrampilan yang mengandalkan tangan handmade. Ya kekuatan kita ada di situ,” ungkapnya.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjio mengatakan BI mempunyai 898 UMKM binaan yang terbagi menjadi empat yaitu UMKM potensial sebanyak 401 UMKM , UMKM sukses sebanyak 51 UMKM. UMKM sukses digital sebanyak 355 UMKM, dan UMKM yang berpotenai ekapor sebanyak 91 UMKM .

“Ini adalah kelanjutan dari tahun lalu yg bertemakan go ekspor, secara statistik BI punya 898 UMKM binaan BI dan mitra UMKM. Dari 898 UMKM ini 91 sudah ekspor dengan nilai transaksi Rp1,37 triliun per tahun,” kata Perry.

Lanjut Perry kegiatan KKI sudah tahun ke 4 yang untuk kali ini bertemakan Go Ekspor dan Go Digital. Di pameran ini akan ada berbagai kegiatan setiap harinya, bukan saja penjualan produk, BI akan mempertemukan UMKM dengan pihak perbankkan untuk pembiayaan dan pihak pembeli.

Baca Juga  Pertamina Salurkan Dana CSR 33T Untuk 61 Ribu Mitra Binaan

“Ada 173 UMKM yg mendapatkan pembiayaan perbankan dengan plantform kurang lebih sebanyak 22,6 miliar US$ dengan outstanding kreditnya 42,4. UMKM ini platformnya tidak besar berkisar Rp250- 500 Juta tetapi kan mereka tarik lunasi tarik lunasi.,” ucap Ferry. (Red)


Cresit Photo : Presiden Jokowi Widodo saat memukul beduk  didampingi Gubernur BI, Perry Warjio, menandakan dibukanya KKI 2019, di Jakarta /telegraf



Bagikan Artikel



Komentar Anda