Praktik Gesek Ganda Kartu Nontunai Sangat Merugikan Konsumen

"Bank Indonesia (BI) sendiri telah melarang praktik penggesekan ganda (double swipe) tersebut. Larangan itu tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran."

Praktik Gesek Ganda Kartu Nontunai Sangat Merugikan Konsumen


Telegraf, Jakarta – Belakangan ini banyak muncul isu praktik gesek ganda kartu nontunai di toko dan gerai belanja sedang ramai diperbincangkan. Semua pemilik kartu kredit maupun debit diwanti-wanti untuk lebih jeli mengawasi kasir saat bertransaksi.

Bagi yang belum tahu, praktik ini terjadi saat konsumen sedang membayar belanjaan secara nontunai di kasir toko. Saat berbelanja, Anda mungkin pernah atau sering melihat kasir menyelesaikan transaksi dengan menggesekkan kartu kredit atau debit di mesin EDC milik bank. Namun terkadang kasir juga menggesek kartu milik pengguna di mesin register kasir.

Hal tersebut sebenarnya tidak diperkenankan untuk dilakukan. Pasalnya, praktik tersebut dapat memicu risiko bahaya, yaitu pencurian data dan informasi yang tersimpan dalam kartu milik nasabah.

Bank Indonesia (BI) sendiri telah melarang praktik penggesekan ganda (double swipe) tersebut. Larangan itu tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Dalam peraturan tersebut, Pasal 34 huruf B menyebut melarang penyelenggara jasa sistem pembayaran menyalahgunakan data dan informasi nasabah maupun data dan informasi transaksi pembayaran selain untuk tujuan transaksi pemrosesan pembayaran.

Jika toko (merchant) berminat untuk menggunakan sistem cash register yang terintegrasi dengan EDC, maka mereka dapat menghubungi call center bank dimana mereka menerbitkan kartu debit atau kreditnya itu.

Lalu, bagaimana jika kasir di toko sudah terlanjur menggesek kartu kredit atau debit anda sebanyak dua kali? Tenang saja, anda bisa langsung menghubungi bank dimana anda menerbitkan kartu debit atau kredit dan laporkan kejadiannya di merchant mana?

Baca Juga :   Ini Kata Presiden FSPPB Terkait Penanganan Kebakaran Kilang Minyak Cilacap

Terakhir, selalu jaga kerahasiaan data perbankan yang Anda miliki. Saat melakukan transaksi di EDC merchant misalnya, biasakan untuk menutupi papan ketik agar tidak terlihat orang lain. Selain itu, mulailah menggunakan PIN untuk transaksi kartu kredit. Bila PIN kartu kredit belum aktif, Anda bisa segera menghubungi bank terkait. (Red)

Photo Credit : Antara/Muhammad Adimaja


KBI Telegraf

close