Pertamina Akan Luncurkan LPG 3 Kg Non-Subsidi Pada Awal Juli

Pertamina Akan Luncurkan LPG 3 Kg Non-Subsidi Pada Awal Juli

"Belum tahu (harganya). Kita lihat ini ada demand maka kita sediakan. Karena masyarakat memerlukan itu. (LPG 3 kg subsidi) Itu kan tabung khusus untuk masyarakat miskin,"

Pertamina Akan Luncurkan LPG 3 Kg Non-Subsidi Pada Awal Juli


Telegraf, Jakarta – PT Pertamina (Persero) akan memasarkan tabung LPG kemasan 3 kilogram (kg) nonsubsidi pada awal Juli nanti. Tabung tersebut berukuran serupa dengan LPG 3 kg bersubsidi yang selama ini sudah beredar di masyarakat. Hanya saja yang membedakan kedua LPG 3 kg tersebut yakni harga dan warnanya.

Pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pihaknya sudah mengantongi izin dari pemerintah untuk menjual LPG 3 kg nonsubsidi. Produk teranyar tersebut pun dijual di seluruh wilayah Indonesia seperti produk tabung LPG non subsidi lain yang sudah beredar di tengah masyarakat. “Per 1 Juli (mulai dipasarkan). Tapi ini tidak disubsidi ya,” kata Nicke di sela halalbihalal di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (22/06/18).

Nicke menerangkan peluncuran produk LPG nonsubsidi ini tidak akan berdampak pada penyaluran LPG 3 kg subsidi. Pasalnya LPG 3 kg tak bersubsidi ini akan menyasar kalangan masyarakat mampu. Hadirnya LPG 3 Kg nonsubsidi guna memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin menggunakan tabung yang lebih ringan.

Ia mencontohkan masyarakat yang tinggal di apartemen memilih tabung 3 kg lantaran lebih mudah dibawa. “Karena kan gini, sebetulnya ada orang yang memerlukan 3 Kg tapi mereka tidak perlu subsidi, mungkin seperti yang di apartemen. Dia ngapain beli (tabung LPG) yang besar. Karena demand ada maka kita siapkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Nicke menegaskan warna tabung LPG 3 kg nonsubsidi tidak berwarna hijau seperti tabung 3 kg subsidi. Hanya saja dia belum bisa membeberkan warna apa yang akan dipilih nantinya. Selain itu pada tabung 3 kg nonsubsidi tidak tertera tulisan ‘khusus masyarakat miskin’ sebagaimana tercantum pada badan tabung LPG 3 kg subsidi. Ketika dikonfirmasi mengenai harga, Nicke masih merahasiakan.

Baca Juga :   Zipmex Umumkan Investornya Setelah Mendapat Pendanaan 41 Juta Dolar AS

“Belum tahu (harganya). Kita lihat ini ada demand maka kita sediakan. Karena masyarakat memerlukan itu. (LPG 3 kg subsidi) Itu kan tabung khusus untuk masyarakat miskin,” ujarnya. (Red)


Photo Credit : Suasana Depot LPG Pertamina di Jakarta, Senin, (21/05). Arief Kamaludin

 

KBI Telegraf

close