Pentingnya Data Statistik, Harga Beras Dan Inflasi

Pentingnya Data Statistik, Harga Beras Dan Inflasi

"Jika suplai atau stok beras turun maka harga beras di pasar akan naik. Kalau harga beras naik dan naik terus, inflasi akan naik dan beban hidup rakyat tambah berat. Penduduk yang masuk kelompok hampir miskin akan bisa jatuh menjadi kelompok miskin. Itulah sebabnya mengapa Pemerintah lewat Menteri Perdagangan dan Mentri Pertanian menaruh perhatian penuh tentang supply beras mulai dari hulu disektor pertanian hingga di gudang-gudang Bulog dan para pedagang beras di pasar."

Pentingnya Data Statistik, Harga Beras Dan Inflasi


Telegraf, Jakarta – Data sangat penting sebagai dasar pengambilan keputusan. Terlebih data yang menyangkut masalah perberasan nasional. Data yang akurat tentang suplai atau stok beras sangat penting sebab berpengaruh langsung pada pembentukan harga beras yang harus dibayar oleh rakyat di pasar.

“Jika suplai atau stok beras turun maka harga beras di pasar akan naik. Kalau harga beras naik dan naik terus, inflasi akan naik dan beban hidup rakyat tambah berat. Penduduk yang masuk kelompok hampir miskin akan bisa jatuh menjadi kelompok miskin. Itulah sebabnya mengapa Pemerintah lewat Menteri Perdagangan dan Mentri Pertanian menaruh perhatian penuh tentang supply beras mulai dari hulu disektor pertanian hingga di gudang-gudang Bulog dan para pedagang beras di pasar.” Ujar Kurtubi, Anggota DPR RI Fraksi Nasdem.

“Data menunjukkan bahwa harga beras dalam beberapa bulan terakhir mengalami kenaikan yang jika dibiarkan akan dapat mendorong inflasi naik. Untuk menjaga inflasi pada level asumsi dalam APBN yang disepakati oleh DPR RI, urusan stabilitas harga nenjadi sangat penting,” jelas Kurtubi, menjelaskan pada Telegraf, (18/01/2018).

Wajar jika Menteri Perdagangan sangat sensitif terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kenaikan harga barang dan jasa yang dibutuhkan rakyat, tidak hanya dari sisi supply juga termasuk tentunya dari sisi demand yang seringkali melonjak tajam pada saat-saat tertentu seperti saat lebaran.

Baca Juga :   Milad Ke 7 Jamsyar terus Secure, Survive, Sustain dan Catat Aset 1,9 Triliun

“Dalam lebaran tahun 2017 misalnya tercatat Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukito berhasil menjaga stabilitas harga kebutuhan pangan yang jarang terjadi karena setiap lebaran hampir selalu diikuti oleh kenaikan harga pangan seperti beras, daging, minyak goreng dan lain-lain.” Terangnya.

Keberhasilan Pemerintah dalam mengendalikan inflasi tersebut sangat penting untuk menjaga daya beli rakyat. Untuk itu data statistik yang akurat dan reliable baik dari sisi supply maupun dari sisi demand sangat dibutuhkan. Ini menjadi tugas BPS. (Red)

Photo Credit : Antara/Rudi Mulya


KBI Telegraf

close