Pangsing, Buwun Mas, Sekotong, Butuh SPBU

Pangsing, Buwun Mas, Sekotong, Butuh SPBU

"Sayangnya untuk mendapatkan bahan bakar perahu tersebut warga harus ke Sekotong (Ibu kota Kecamatan) yang cukup memakan waktu dan ongkos. Sebagai daerah yang terisolir Pangsing ini membutuhkan uluran tangan Pemerintah untuk mendirikan SPBU khusus bagi Nelayan di Pangsing ini"

Pangsing, Buwun Mas, Sekotong, Butuh SPBU


Telegraf, Sekotong – Lebih jauh Marjan menyampaikan keluhannya tentang akses jalan yang begitu sulit untuk berhubungan dengan daerah lain, satu-satunya jalan yang ada adalah jalan tanah yang melintas dari Pengantap – Pangsing sejauh 5 Km, Jalan ini hanya bisa dilintasi mobil pada musim kering, kondisi jalan berkelok, menanjak dan masih tanah inilah yang sangat tidak memungkinkan dilintasi mobil  pada musim hujan.

Sehingga satu-satunya akses andalan warga adalah menyebrangi laut dengan perahu ketinting yang sekaligus sebagai alat pencari nafkah masyarakat dalam mencari ikan. “Sayangnya untuk mendapatkan bahan bakar perahu tersebut warga harus ke Sekotong (Ibu kota Kecamatan) yang cukup memakan waktu dan ongkos. Sebagai daerah yang terisolir Pangsing ini membutuhkan uluran tangan Pemerintah untuk mendirikan SPBU khusus bagi Nelayan di Pangsing ini” pungkasnya.

“Mata pencaharian sebagian besar warga Pangsing, Buwun Mas ini adalah Nelayan Pak Dewan, tetapi ada juga yang sebagai petani dan Penambang”, demikian di sampaikan Marjan, seorang tokoh masyarakat di Dusun Pangsing.

Sementara itu setelah mendengarkan paparan yang disampaikan warga Pangsing, Anggota DPR RI, Kurtubi menyampaikan bahwa keindahan alam Dusun Pangsing yang terletak di antara gili-gili dan perbukitan dengan perairan yang sangat tenang patut disyukuri. “Tempat ini Insya Allah sangat aman dari bencana tsunami, sementara keindahan alamnya merupakan potensi yang bisa dikembangkan untuk menjadi daerah pariwisata, tentu semua harus ditunjang fasilitas dan infrastruktur yang memadahi”, ungkap Politisi NasDem itu.

Kurtubi menyampaikan bahwa pihaknya akan mengusulkan ke Pemerintah melalui BPH Migas selaku regulator agar berkoordinasi dengan Pertamina untuk mendirikan SPBU di Buwun Mas ini sehingga mampu memudahkan masyarakat dalam memperoleh BBM. Sebagai Anggota Komisi VII DPR RI, politisi asli Sasak dari Desa Kediri, Lombok Barat ini mengingatkan bahwa masyarakat yang melakukan aktivitas pertambangan, harus tetap menjaga kelestarian lingkungan hindari penggunaan Merkuri, karena dalam jangka yang panjang bisa merusak alam dan merugikan kesehatan.

Baca Juga :   Zipmex Umumkan Investornya Setelah Mendapat Pendanaan 41 Juta Dolar AS

Sementara itu dalam sesi tanya jawab dengan warga diperoleh aspirasi adanya keluhan warga yang kesulitan memasang listrik, bahkan ada warga yang sudah menyetor uang 3,5 Juta hingga 5 Juta sejak tahun 2012 silam tetapi hingga kini listrik belum terealisasi terpasang, serta mengeluhkan bahwa di daerah tersebut untuk memperoleh fasilitas kesehatan harus menempuh jarak yang sangat jauh, sehingga mengusulkan agar di daerahnya tersebut dibangun Puskesmas, sehingga jika ada warga yang akan melahirkan terutama padamalam hari, warga tak harus menggotong dengan tandu menyusuri jalan perbukitan.

Dan menanggapi itu semua Kurtubi akan mengusulkan ke Komisi terkait di DPR RI dan akan mendorong Pemerintah Daerah setempat untuk merealisasikannya. (Red)

Photo Credit : Telegraf/Mistqola


Atti K.

close