Panglima TNI Baru, Evaluasi, Sustainable dan Sinergitas Baru

Panglima TNI Baru, Evaluasi, Sustainable dan Sinergitas Baru

“Kepada seluruh prajurit TNI di seluruh Indonesia, saya ingin kita menjadi bagian dari kita sendiri dari kita semua di tengah keluarga, teman, maupun sanak saudara kita adalah bagian dari mereka,”

Panglima TNI Baru, Evaluasi, Sustainable dan Sinergitas Baru

Telegraf – Setelah resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (17/11/2021), di Istana Negara, Jakarta, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa langsung berjanji akan melanjutkan program-program kerja pendahulunya, yaitu Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

“Program kerja kita akan melanjutkan secara umum, karena memang kita kan sudah dibatasi ruang. Ruang di mana tugas-tugas kita itu sudah juga dicantumkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004,’ katanya Andika.

Andika menegaskan akan melaksanakan tugas sebagai panglima TNI dengan sebaik-baiknya serta melakukan evaluasi dan perbaikan.

“Jadi saya akan terus, tetapi memang detailnya saja dari tiap-tiap tugas itu yang perlu mungkin sedikit perlu evaluasi dan perbaikan sana-sini,” ujarnya. Andika mengaku merasa terhormat mendapatkan kepercayaan Presiden Jokowi dan dukungan DPR RI untuk menjabat sebagai Panglima TNI.

“Kepada seluruh prajurit TNI di seluruh Indonesia, saya ingin kita menjadi bagian dari kita sendiri dari kita semua di tengah keluarga, teman, maupun sanak saudara kita adalah bagian dari mereka,” katanya.

Pesan Hadi Tjahjanto

Sementara itu, mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberikan pesan kepada Jenderal TNI Andika Perkasa yang baru saja dilantik sebagai Panglima TNI yang menggantikan dirinya itu.

Hadi dengan menghadiri dan menyaksikan langsung pelantikan Andika oleh Jokowi di Istana Negara.

“Saya selalu mendoakan Jenderal TNI Andika Perkasa dapat melaksanakan tugasnya dengan aman dan lancar,” katanya.

Hadi juga berpesan kepada Andika, terkait medan penugasan barunya tersebut.

“Tentunya saya juga menyampaikan bahwa medan penugasan itu ibarat adalah tempat kita mencari amal, sebagai ladang ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Oleh sebab itu, kita akan bisa melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas demi tugas pokok yang diberikan kepada kita,” imbuhnya.

Sementara itu, Jenderal Dudung Abdurachman yang juga dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), menyampaikan bahwa Jokowi berpesan agar TNI AD membantu pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan.

“Kami TNI Angkatan Darat, siap membantu pemerintah demi kesejahteraan masyarakat dan seluruh rakyat Indonesia,” kata Dudung.

Lebih lanjut Dudung mengungkapkan bahwa Jokowi juga menekankan mengenai pentingnya meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI.

“Saya tentunya akan mengimplementasikan visi dan misi Panglima Tentara Nasional Indonesia yang sudah disampaikan pada saat fit and proper test di DPR RI,” imbuhnya.

Dudung juga berkomitmen untuk melanjutkan program yang sudah dirintis oleh pendahulunya, yaitu Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Saya mengapresiasi apa yang sudah dicapai oleh Jenderal TNI Andika Perkasa pada saat Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Kami akan melanjutkan apa yang sudah dirintis,” ucapnya.

Photo Credit: Pasca dilantik, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berjanji akan melanjutkan program-program kerja pendahulunya, yaitu Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. ANTARA/Hafidz Mubarak A
A. Chandra S.

close