Optimalkan Ekonomi Dalam Negeri Melalui Dinamika Pertumbuhan Dunia

Optimalkan Ekonomi Dalam Negeri Melalui Dinamika Pertumbuhan Dunia

"Sejauh ini sudah fokus di infrastruktur fisik, ekonomi digital yang kita sebut Palapa Ring yang awal tahun depan akan mengcover seluruh nusantara dengan kapasitas dan kecepatan apakah itu internet, produuk digital lainnya agar lebih baik dan jauh lebih tinggi,"

Optimalkan Ekonomi Dalam Negeri Melalui Dinamika Pertumbuhan Dunia


Telegraf, Jakarta – Menteri perekonomian Darmin Nasution mengatakan jika kita mengandalkan demand dalam negeri saja, maka pertumbuhan ekonomi hanya bisa tumbuh mencapai 5,5 persen, untuk bisa lebih bangkit ada dua kunci yang betul-betul harus faith yaitu investasi dan ekspor.

Untuk itu Darmin menjelaskan harus memanfaatkan dinamika perkembangan ekonomi dunia agar perkembangan ekonomi kita bisa bersaing, dimana saat ini negara-negara lain mengandalkan market pada ekspor oriented.

“Sebetulnya beberapa tahun yang lalu kita lebih tinggi pertumbuhannya,” ungkapnya dalam sambutan dalam acara ngobrol pemerataan ekonomi yang ke 3 di Jakarta, Rabu (14/02/2018).

Darmin juga menyampaikan Presiden menekankan iklim usaha dan pembenahan perijinan, sementara untuk membenahi hal tersebut menko perekonomian sedang membedah dan menyelesaikan 15-16 regulasi yang sifatnya teknis, serta mengidentifikasi dan membuat market baru, seperti ekspor dan mempercepat perjanjian bilateral.

Memasuki era digital Darmin menuturkan mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan digitalisasi dimana perekonomian akan lebih menggeliat, untuk itu banyak pembenahan yang sedang dilakukan dalam regulasi.

“Sejauh ini sudah fokus di infrastruktur fisik, ekonomi digital yang kita sebut Palapa Ring yang awal tahun depan akan mengcover seluruh nusantara dengan kapasitas dan kecepatan apakah itu internet, produuk digital lainnya agar lebih baik dan jauh lebih tinggi,” tutur Darmin.

Darmin juga mengatakan sebenarnya sudah ada dua program besar yang terkait ekonomi digital yaitu Peraturan Presiden (Perpres) menganai strategi nasional keuangan inklusif, dan Peraturan Presiden mengenai E-commerce. (Red)

Baca Juga :   Zipmex Umumkan Investornya Setelah Mendapat Pendanaan 41 Juta Dolar AS

Photo Credit : Menteri perekonomian Darmin Nasution mengatakan jika kita mengandalkan demand dalam negeri saja maka pertumbuhan ekonomi hanya bisa tumbuh mencapai 5,5 persen. Telegraf/Atti Kurnia

Atti K.

close