Komunitas Langkah Berbagi dan Pusdiklatnas Gelar Historical Hunt of Indonesia

Oleh : Idris Daulat
Foto : Komunitas Langkah Berbagi Bersama Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional Selenggarakan Program Literasi Digital Bertajuk Historical Hunt of Indonesia di Kota Tua dan Kepulauan Seribu. (Doc.Ist)

TELEGRAF – Meningkatkan pemahaman sejarah Indonesia melalui karya konten video, Komunitas Langkah Berbagi bersama Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Pusdiklatnas) menggelar program Historical Hunt of Indonesia yang didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 27 hingga 29 Oktober 2023, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2023.

Menurut Handiyono Aruman, Ketua Komunitas Langkah Berbagi, dari 260 peserta yang mendaftar, hanya 45 yang berhasil lolos seleksi dan pra-pelatihan melalui platform zoom.

“Kegiatan ini menjadi simbol menuju Indonesia Emas 2045,” katanya.

Aruman berharap peserta yang berhasil dalam kegiatan ini akan membagi pengetahuan dan keterampilan mereka di bidang konten video sejarah kepada masyarakat lainnya.

Selaras dengan tagline kegiatan “Historical Hunt of Indonesia chapter Jakarta,” Aruman berharap kegiatan semacam ini bisa diselenggarakan di seluruh provinsi di Indonesia.

Ketua Pusdiklatnas, Drs. Suat Zawawi, S.H., menekankan pentingnya peran pemuda dalam menciptakan karya dan inovasi untuk mendorong kemajuan Indonesia.

Ia menyatakan, “Pemuda harus menjadi pemberani, menciptakan karya dan inovasi terdepan untuk Indonesia maju.”

Dalam kegiatan Historical Hunt of Indonesia, peserta menjelajahi Kawasan Kota Tua Jakarta untuk merekam objek-objek bersejarah dalam bentuk video pendek berdurasi 1 hingga 3 menit, yang kemudian diunggah di akun sosial media Instagram mereka masing-masing.

Mereka juga dibimbing oleh profesional di bidang videografi untuk memahami teknik pengambilan gambar, penyuntingan video, dan aspek-aspek teknis pembuatan video.

Asisten Deputi Karakter Pemuda Kemenpora, Dr. Amar Ahmad, M.Si., mengajak pemuda untuk terus berkembang dan menciptakan karya terbaik sebagai wujud cinta terhadap tanah air Indonesia.

Ia mengingatkan bahwa peran pemuda dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045 sangat penting dan mendorong mereka untuk memberikan kontribusi positif dengan karya-karya terbaik.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta akan memiliki literasi digital yang baik dan dapat berperan sebagai promotor utama dalam memperkenalkan sejarah Indonesia melalui karya-karya terbaik yang mereka hasilkan.

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close