Ini Bukti Kepedulian Anak Muda Terhadap Isu Sosial Semakin Tinggi

Oleh : Atti K.

Telegraf – Every U Does Good Heroes merupakan program PT Unilever Indonesia yang mengajak generasi muda Indonesia membawa perubahan bagi lingkungan dan masyarakat.

Terbukti dari survei Youth20 (Y20) yang menunjukkan 75% generasi muda dari 19 negara G20 (termasuk Indonesia) memandang masyarakat yang beragam dan inklusif sebagai hal yang penting untuk ditegakkan . Survei dari Indonesia Millennial Report 2022 juga melaporkan 71% generasi muda Indonesia merasa bertanggung jawab mengatasi masalah lingkungan seperti perubahan iklim.

“Pijar harapan ini tentu tidak boleh padam. Sebagai perusahaan yang purpose-led dan future-fit, Unilever Indonesia siap mendukung para generasi muda sebagai penggerak perubahan untuk menciptakan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil dan inklusif melalui berbagai inisiatif – salah satunya program ‘Every U Does Good Heroes’ yang kami gelar sejak 2021. Senang sekali hari ini kami kami telah mendapatkan 10 heroes terbaik dari berbagai wilayah Indonesia, yang ide dan programnya sangat kuat dan sejalan dengan tiga pilar kebaikan ‘The Unilever Compass’,” ungkap Kristy Nelwan, Head of Communication and Chair of Equity, Diversity & Inclusion Board Unilever Indonesia dalam konfrensi pers terkait pengumuman 10 pemenang Every U Does Good Heroes 2023 di Jakarta.

Ia mengungkapkan hingga titik inidalam proses tidak gampang dibutuhkan ekosistem yang dapat mewadahi, membimbing, dan membentuk generasi muda jadi sosok pahlawan tangguh yang mampu mengembangkan ide dan programnya secara berkelanjutan. Di sinilah peranan penting sekaligus pembeda dari program ‘Every U Does Good Heroes’, dimana kami bukan hanya mendukung para peserta untuk senantiasa mempertajam purposenya, namun juga mendorong mereka menjadi sociopreneurs masa depan yang mampu memastikan keberlanjutan dan skalabilitas dampak dari program yang mereka miliki.

10 sosok “Every U Does Good Heroes 2022” dengan purpose dan program yang sangat inspiratif telah terpilih berdasarkan sejumlah kriteria penilaian: (1) Kemampuan menganalisis masalah dan solusi yang ditawarkan; (2) Relevansi program dengan 3 pilar kebaikan Unilever; (3) Rencana kerja yang terstruktur dan dampak yang terukur; dan (4) Rencana keberlanjutan program di masa depan.

Baca Juga :   Erick Thohir Apresiasi BNI, Bangun gedung Berkonsep Green Building

Salah seorang pemenang, yaitu Yuga Putri Pramesti asal Yogyakarta yang fokus menjalankan program Nutrichampion di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berbagi, “NTB masih menempati posisi 5 besar untuk tiga masalah gizi pada remaja: underweight, overweight dan kekurangan gizi mikro . Hal inilah yang mendorong saya untuk merancang program yang memberdayakan 25 kader ‘remaja putri sadar gizi’ terpilih dalam menyebarluaskan edukasi gizi pada teman sebayanya, sebagai bentuk intervensi untuk menekan angka stunting melalui perbaikan status gizi sejak usia remaja/pra-nikah. Ini adalah langkah kecil yang harapannya akan membawa snowballing effect sehingga mampu memberi manfaat pada masyarakat yang lebih luas. Berbagai pengalaman dan dukungan dari program ‘Every U Does Good Heroes 2022’ akan terus memacu saya untuk membuat program ini lebih berdampak dan berkelanjutan.”

Pemenang lainnya, Muhammad Sofwan Maulana Shaleh asal Jawa Barat dengan program Infinity Art & Technology (Infiartt) turut menjelaskan, “Isndonesia merupakan negara dengan jumlah disabilitas netra terbanyak ketiga di dunia . Di tengah populasi yang besar ini, perkembangan teknologi tentu dapat memudahkan disabilitas netra dalam beraktivitas, namun faktanya literasi teknologi pada disabilitas netra masih sangat rendah karena penyebaran pengetahuan yang belum merata. Untuk itu, Infiartt hadir sebagai platform pembelajaran online terstruktur berupa kelas E-Learning yang seluruh materinya dirancang agar mudah diakses oleh disabilitas netra.

“Kami berharap apa yang mereka capai hari ini bisa menjadi pijakan kuat bagi perjalanan mereka kedepannya, dan percaya bahwa program ataupun gerakan mereka akan membawa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas, serta menginspirasi lebih banyak lagi anak muda untuk sama-sama memberi kebaikan untuk Indonesia,” tutup Kristy, Selasa (28/3).

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close