Telegraf – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) kembali mengukir prestasi dengan meraih dua penghargaan bergengsi dari Alpha Southeast Asia. Dalam ajang 18th Annual Transaction Banking Awards 2024 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada Rabu (12/2/2025), BNI berhasil menyabet gelar Best Online Trade Facilitation Solution in Indonesia 2024 dan Best Cross Border Payment Solution in Indonesia 2024.
Penghargaan ini diterima oleh Kepala Divisi Wholesale Transaction Product & Partnership BNI, I Gede Widya Anantayoga, dan Kepala Departemen Cash Management Digital Channel BNI, Auzaiy. Direktur Digital and Integrated Transaction Banking BNI, Hussein Paolo Kartadjoemena, dalam keterangan resminya mengatakan bahwa penghargaan tersebut menjadi bukti komitmen BNI untuk terus berinovasi dalam memberikan solusi terbaik bagi nasabah.
“Penghargaan ini menegaskan komitmen BNI untuk terus berinovasi dalam memberikan solusi terbaik bagi nasabah, terutama dalam memfasilitasi transaksi trade finance dan cross border yang mudah dan efisien,” ujar Paolo.
Paolo juga menjelaskan, “Kami berupaya membangun ekosistem digital yang komprehensif dan kompetitif, khususnya dalam transaksi korporasi dan bisnis yang kami sediakan di BNIdirect. Trade finance dan transaksi cross border menjadi layanan perbankan korporasi dan bisnis dengan pencapaian pangsa pasar yang unggul di sepanjang tahun 2023 dan 2024.”
Hingga September 2024, BNI menguasai 14,67% pangsa pasar trade finance, yang menegaskan posisinya sebagai pemimpin di industri ini. Selain itu, BNI juga mencatatkan pencapaian signifikan dengan 19,65% pangsa pasar dalam domestic bank guarantee, menjadikannya pemain terbesar keempat di sektor trade finance dan kedua di sektor bank guarantee. Total volume transaksi trade finance BNI mencapai USD 40,4 miliar, sementara domestic bank guarantee tercatat sebesar Rp18,1 triliun.
Pada tahun 2024 ini, BNI juga menghadirkan solusi inovatif untuk pembayaran cross border guna memperkuat posisinya sebagai pemimpin layanan keuangan di Indonesia dan global. Layanan remitansi BNI didukung oleh sistem yang andal, koneksi global melalui sembilan kantor luar negeri, dan sekitar 1.000 mitra untuk mempercepat pembayaran digital melalui Open API. Semua layanan tersebut tersedia di platform BNIdirect, bagian dari ekosistem digital BNI yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan transaksi korporasi dan bisnis secara efisien.
Lebih lanjut, Paolo menjelaskan bahwa transaksi cross border BNI memudahkan pengiriman uang, baik ke luar negeri melalui layanan Outgoing Transfer (OTR) maupun transaksi dari luar negeri melalui layanan Incoming Transfer (ITR). “Layanan OTR dapat diakses oleh pelanggan korporasi dan ritel melalui berbagai saluran, termasuk wondr by BNI, BNI Mobile Banking, BNIdirect, dan kantor cabang/konter,” tambahnya.
Kepercayaan nasabah terhadap layanan BNI menjadi motivasi bagi bank ini untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang lebih baik di masa mendatang.