ICW Tolak Vaksinasi Bagi Tahanan KPK

"Kami memahami bahwa pelaksanaan vaksin di KPK, termasuk ke tahanan, bertujuan supaya tidak mengganggu penyelidikan dan penyidikan KPK terkait kasus korupsi para tahanannya. Tapi lagi-lagi harus dilihat lagi apa prioritasnya, sedangkan semua nakes saja belum berhasil divaksin,"

ICW Tolak Vaksinasi Bagi Tahanan KPK


Telegraf – Indonesia Corruption Watch (ICW) menegaskan tak melihat adanya urgensi pemberian vaksinasi kepada para tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), termasuk mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang terjerat oleh kasus korupsi.

Dengan keterbatasan jumlah vaksin saat ini, pemberian vaksinasi seharusnya diutamakan kepada kelompok-kelompok prioritas seperti tenaga kesehatan daripada diberikan pada tahanan kasus korupsi.

“Menurut kami sangat tidak tepat ya. Melihat kesahihan data Kementerian Kesehatan (Kemkes) saja, bisa diragukan bahwa pasti belum semua tenaga kesehatan atau kelompok prioritas lainnya yang menjadi target vaksin tahap I itu mendapatkan vaksin, sekarang sudah akan diberikan kepada tahanan KPK,” kata Peneliti ICW, Dewi Anggraeni dalam keterangannya, Jumat (26/02/2021).

Untuk itu, Dewi meminta pada pemerintah, Kemkes, dan KPK meninjau ulang dan membatalkan program vaksinasi kepada para tahanan. Ia menekankan, para tahanan, terutama tahanan kasus korupsi di rutan KPK bukanlah garda terdepan yang harus mendapatkan vaksin tahap I.

“Kami memahami bahwa pelaksanaan vaksin di KPK, termasuk ke tahanan, bertujuan supaya tidak mengganggu penyelidikan dan penyidikan KPK terkait kasus korupsi para tahanannya. Tapi lagi-lagi harus dilihat lagi apa prioritasnya, sedangkan semua nakes saja belum berhasil divaksin,” tegasnya.

Ketimbang tahanan KPK, ICW meminta pemerintah seharusnya lebih gencar memberikan vaksin kepada kelompok prioritas. Terlebih jumlah vaksin masih terbatas.

Baca Juga :   11 Saksi Korupsi Asabri Diperiksa Kejagung

“Utamakan garda terdepan untuk penanganan Covid-19, lalu baru bisa beralih ke lapisan berikutnya,” imbuhnya.

Diketahui, KPK bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan serta Komite Penanganan Covid-19 beberapa waktu lalu melaksanakan vaksinasi seluruh insan KPK dan para pihak yang berinteraksi dalam lingkungan KPK, termasuk pada 39 tahanan.

Tahanan yang mendapat vaksinasi di antaranya mantan Mensos Juliari P. Batubara yang merupakan tersangka kasus dugaan suap bansos dan mantan menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang tersangkut kasus dugaan suap izin ekspor benur. Vaksinasi bagi tahanan kasus korupsi di KPK itu akhirnya menjadi perbincangan publik.


Photo Credit: Juliari P. Batubara memakai rompi oranye tahanan KPK, usai menjalani pemeriksaan di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Minggu (06/12/2020). ANTARA/Dimas Reviyanto

 

Edo W.

close