Honda Luncurkan Segmen Crossover MPV HR-V Facelift Terbaru

Honda Luncurkan Segmen Crossover MPV HR-V Facelift Terbaru

"Fitur itu meliputi sistem Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Crusie Control (ACC), Collision Mitigation Braking System (CBMS) dan Forward Collision Warning (FCW)."

Honda Luncurkan Segmen Crossover MPV HR-V Facelift Terbaru


Telegraf, Jakarta – Awal bulan ini kabar santer mengenai peluncuran Honda HR-V terbaru sudah ramai dibicarakan. Bahkan, beberapa media luar pun sudah menunjukkan gambar sosok mobil andalan PT Honda Prospect Motor di segmen crossover atau MPV ini. Kepastian akan hadirnya mobil tersebut akhirnya terbukti setelah Paultan pada 15 Februari lalu memberitakan bahwa Honda HR-V  mulai di jual di Jepang.

Menurut Paultan, Honda HR-V  atau Vezel ini hanya mengalami sedikit perubahan atau facelift dibanding model sebelumnya.  Perubahan tersebut meliputi gril baru yang mirip dengan Honda  Accord dan Civic. Lampu depan menggunakan LED, hanya varian paling murah dari mobil ini masih menggunakan lampu halogen. Bagian roda menggunakan velg  berukuran 16 inci dan 17 inci.  Untuk varian tertinggi,  RS,  menggunakan velg sporty alloy 18 inci.  Interior seperti model sebelumnya, hanya kursi depan yang berubah serta kabin layaknya mobil premium.

HR-V baru dilengkapi dengan perangkat peredam suara dan getaran yang diklaim ruangan kabin menjadi lebih senyap.  Sistem hiburan  masih menggunakan head unit layar sentuh yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay.  Selain itu, Honda HR-V terbaru ini dibekali fitur keselamatan standar Honda Sensing di Jepang.

Fitur itu meliputi sistem Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Crusie Control (ACC), Collision Mitigation Braking System (CBMS) dan Forward Collision Warning (FCW).

Untuk urusan jantung pacu, Honda Vezel atau HR-V dijual dengan pilihan mesin empat silinder 1.5 liter injeksi langsung. Pilihan Mesin 1.5L dan 1.8L. Kedua mesin tersebut merupakan jenis mesin SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Untuk tipe mesin p 1.5L SOHC i-VTEC + DBW,  digunakan  pada  Honda HRV tipe A, HR-V tipe S, HR-V tipe S CVT, serta tipe E CVT. Mesin berkapasitas 1497 cc tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm.

Sementara, tipe mesin 1.8L SOHC i-VTEC  digunakan pada Honda HR-V tipe Prestige dan HR-V Special Edition JBL Audio. Mesin berkapasitas silinder 1799 cc ini mampu menyemburkan tenaga  maksimum sebesar 139 PS pada 6.500 rpm serta torsi sebesar 169 Nm pada 4.300 rpm. Meski berbeda kapasitas, namun kedua mesin pada Honda HRV itu sudah sama-sama menggunakan sistem suplai bahan bakar PGM-FI sehingga pembakaran di ruang mesin menjadi lebih sempurna.

Kedua mesin tersebut  sudah menganut teknologi Drive By Wire untuk menghasilkan performa responsif namun tetap irit bahan bakar. Mobil ini juga bisa dibilang sebagai kendaraan ramah lingkungan karena sudah memenuhi standar regulasi Euro 4. Untuk tranamisi penggeraknya, spesifikasi Honda HRV terbagi menjadi dua tipe, yakni manual 6 percepatan dan juga otomatis 6 percepatan berpenggerak CVT.

Honda HR-V non-hybrid dijual mulai 2.075.000 yen (Rp 263,9 juta) sampai 2.475.000 yen (Rp 314,8 juta). Untuk pilihan hybrid harganya mulai 2.460.000 yen (Rp 312,9 juta) sampai 2.810.000 yen (Rp 357,4 juta). (Red)


Photo Credit : HR-V baru dilengkapi dengan perangkat peredam suara dan getaran yang diklaim ruangan kabin menjadi lebih senyap.  Sistem hiburan  masih menggunakan head unit layar sentuh yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay. Motorauthority

KBI Telegraf

close