Dari 191 Perusahaan Pembiayaan 5 Memperoleh PKU

Dari 191 Perusahaan Pembiayaan 5 Memperoleh PKU

"Dari 191 perusahaan pembiayaan 88 persen sehan dan sehat banget dan ada 5 perusahaan yang mendapat pembatasan kegiatan usaha PKU), dan masih kita tunggu apakah berlanjut menjadi hilang dari peredaran atau memenuhi persyaratan dari aturan yang ada,"

Dari 191 Perusahaan Pembiayaan 5 Memperoleh PKU


Telegraf, Jakarta – Menurut data statistik yang diterima Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jumlah perusahaan pembiayaan keseluruhan berjumal 191 perusahaan, dari 191 perusahaan terdapat 5 perusahaan yang memperoleh surat Pembatasan Kegiatan Usaha (PKU) dari OJK.

Hal itu di ungkapkan oleh Moch. Ihsanuddin, Debuti Komisioner Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II, OJK, di Jakarta

“Dari 191 perusahaan pembiayaan 88 persen sehan dan sehat banget dan ada 5 perusahaan yang mendapat pembatasan kegiatan usaha PKU), dan masih kita tunggu apakah berlanjut menjadi hilang dari peredaran atau memenuhi persyaratan dari aturan yang ada,” tuturnya (Senin (21/5/18).

Ihsanuddin menjelaskan dari situasi perekonomian Indonesia saat ini industri pembiayaan menunjukan masih cukup baik, dari sisi kesehatan, bahkan dari aset menunjukan adanya kenaikan dibanding tahun lalu diwaktu yang sama sebesar 7,65 persen, setara dengan Rp483,92 Triliun.

Untuk piutang pembiayaan Ihsanuddin mengatakan mengalami kenaikan sebesar 6,8 persen year on year (yoy) dibanding tahun lalu setara dengan 24,02 Triliun, sementara untuk sumber pendanaan berasal dari pinjaman dalam negeri dan pinjaman luar negri.

“Secara growth yoy mengalami pertumbuhan 8,40 persen kalau dirinci pinjaman dalam negeri sebesar Rp179,8 triliun masih mendominasi atau prosentase sekitar 52,5 persen, dan untuk pinjaman Luar Negeri Rp91,2 triliun dengan prosentase 27 persen,” kata Ihsanuddin

Sementara untuk penerbitan surat berharga termasuk obligasa dan medium term note (MTN) sebesar Rp71,7 triliun setara dengan 2,29 persen dari total pinjaman.

Untuk laba sendiri Ihsanuddin menambahkan untuk tahun ini dalam 3 bulatn pertama telah membukukan sebesar Rp3,74 triliun atau yoy dengan tumbuh sebesar 20,56 persen.

Lima perusahaan yang mendapatkan PKU antara lain PT.Asia Multi Dana, PT Kapitalink Finance, PT Pembiayaan Maritim, PT Kembang 88, dan PT SNP Sun Prima Nusantara Pembiayaan. (Red)


Photo Credit : Moch. Ihsanuddin, Deputi Komisioner Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II, OJK. TELEGRAF/Atti Kurnia

Atti K.

close