Dana Pensiun Bisa Diambil di Anjungan Tunai Mandiri

Dana Pensiun Bisa Diambil di Anjungan Tunai Mandiri

"Dinamisnya perkembangan teknologi mendorong Taspen memanfaatkannya dalam rangka mempermudah otentikasi peserta dan juga mempermudah kami daIam melakukan monitoring dan reporting terhadap penyelenggaraan pembayaran pensiun. Tentunya ini akan mempermudah proses rekonsiliasi dan pelaporan, mempercepat layanan pensiun, penyajian laporan lebih cepat dan terukur"

Dana Pensiun Bisa Diambil di Anjungan Tunai Mandiri


Telegraf Bogor – DaIam rangka mengemban visi menjadi pengelola dana pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT) serta komitmen dalam pengelolaan dana pensiun, PT Taspen (Persero) bekerja sama dengan Telkom Group serta Mitra Bayar Pensiun lakukan launching Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun. Hal ini untuk memenuhi target sesuai perinsip 5 T yaitu Tepat Waktu, Tepat JumIah, Tepat Tempat dan Tepat Administrasi.

“Dinamisnya perkembangan teknologi mendorong Taspen memanfaatkannya dalam rangka mempermudah otentikasi peserta dan juga mempermudah kami dalam melakukan monitoring dan reporting terhadap penyelenggaraan pembayaran pensiun. Tentunya ini akan mempermudah proses rekonsiliasi dan pelaporan, mempercepat layanan pensiun, penyajian laporan lebih cepat dan terukur, ” ungkap Iqbal Lantanro Direktur Utama PT Taspen Persero dalam peluncuran digitalisasi  pelayanan pembayaran pensiun di Bogor, Jumat (19/01/2018).

Iqbal juga menjelaskan alat ini akan mempermudah proses rekonsiliasi dan pelaporan, mempercepat layanan pensiun, penyajian laporan lebih cepat dan terukur, serta  bentuk pertanggungjawaban kepada pemerintah dalam mengelola dana pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga meminimalisir terjadinya fraud. Tidak hanya itu, digitalisasi memberikan niIai tambah melalui Taspen Smartcard yang berfungsi tidak hanya sebagai Kartu Identitas Pensiun, namun juga sebagai Kartu ATM dan Debit, dan Program Loyalty/Diskon pada merchants yang bekerja sama dengan Taspen maupun Mitra Bayar.

Ditemui di tempat yang sama CEO Telkomsigma Judi Achmadi, mengatakan pemanfaatan teknologi dapat dijadikan sebagai bentuk pembuktian penerima pensiun masih hidup yang dapat diakses melalui aplikasi mobile, yang dapat diinstall pada smartphone penerima pensiun atau mitra bayar sehingga dapat mempermudah proses otentikasi agar lebih cepat, dan akurat.

Baca Juga :   Zipmex Umumkan Investornya Setelah Mendapat Pendanaan 41 Juta Dolar AS

“Adapun pemanfaatan teknologi melalui Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun meIiputi Pengembangan Sistem New e-Dapem, dan penerapan Taspen Smartcard secara nasional di mitra bayar dengan menggunakan otentikasi online terpusat dengan berbasis data biometrik seperti sidikjari (fingerprint), perekaman wajah (face recognition), dan perekaman suara (voice recognition),” tutur Judi.

Hal yang sama disampaikan oleh Faisal Rachman  Direktur Perencanaan dan Teknologi Informasi  PT Taspen, penggunaaan digitalisasi dilakukan untuk mengurangi human error dan akan memudahkan penerima pensiun serta dapat memetakan dana yang dikeluarkan pemerintah untuk para penerima pensiun.

“Digitalisasi dalam pembayaran ini akan menjamin faliditas peserta, serta sebagai komitmen untuk meningkatkan tepat guna,” kata Faisal. (Red)

Photo Credit : Telegraf/Atti Kurnia


 

Atti K.

close