Calon Gubernur BI Harus Punya Pengaruh Internasional

Calon Gubernur BI Harus Punya Pengaruh Internasional

"(Apalagi) terbukti bantuan Bank Dunia untuk UKM, senilai US$ 40 juta (setara Rp 542 miliar) belum terserap dengan pola yang jelas,"

Calon Gubernur BI Harus Punya Pengaruh Internasional


Telegraf, Jakarta – Asosiasi Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (Akumindo) menyatakan soal sejumlah kriteria yang sebaiknya dimiliki oleh calon Gubernur Bank Indonesia (BI) pengganti Agus Martowardojo nanti.

Ketua Umum Akumindo, M. Ikhsan Ingratubun menjelaskan lebih rinci, Gubernur BI nanti mesti memiliki pengaruh kuat secara global maupun regional Asia. Sehingga bisa mendalami berbagai hal makro maupun mikro di kawasan.

Selain itu, dia bukanlah orang keuangan yang kemampuan utamanya pada persoalan memanfaatkan, mengelola serta mengeluarkan. Namun mesti memiliki kemampuan bidang treasury.

“Basic-nya harus treasury yang bisa menciptakan peluang dan memanfaatkannya,” kata Ikhsan dalam keterangan resminya, Minggu (18/02/2018).

Harapannya, Gubernur BI yang memiliki kemampuan bidang treasury bisa mengintervensi rupiah sehingga tidak terpuruk.

Kriteria lainya adalah Gubernur BI baru mesti sanggup menciptakan dan membela UKM. Misalnya dengan memastikan para pelaku usaha tersebut bisa memperoleh kredit bank dengan mudah, tanpa jaminan.

“(Apalagi) terbukti bantuan Bank Dunia untuk UKM, senilai US$ 40 juta (setara Rp 542 miliar) belum terserap dengan pola yang jelas,” jelasnya.

Sebelumnya, informasi mengenai calon Gubernur BI baru dilontarkan oleh Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi. Dia mengatakan bahwa ada empat nama calon gubernur Bank Indonesia yang telah diserahkan ke meja Jokowi.

Adapun empat nama itu adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang P.S. Brodjonegoro; mantan Menteri Keuangan periode 2013-2014, Muhammad Chatib Basri; Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo; dan Gubernur BI saat ini, Agus Martowardoyo.

Nama-nama calon tersebut sebelumnya juga sudah dibahas oleh Jokowi dan JK. Namun, hingga saat ini belum ada keputusan yang final mengenai hal itu. (Red)


Photo Credit : Gubernur BI mendatang diharapkan memiliki pengaruh kuat secara internasional. Reuters/Iqro Rinaldi

KBI Telegraf

close