BCA Gelontorkan Rp1,47 Triliun Untuk Erajaya

BCA Gelontorkan Rp1,47 Triliun Untuk Erajaya

"ERAA akan berekspansi dengan penambahan 250 toko pada tahun ini. Jumlah ini lima kali dari tahun sebelumnya,"

BCA Gelontorkan Rp1,47 Triliun Untuk Erajaya


Telegraf, Jakarta – PT Erajaya Swasembada Tbk  mendapatkan kucuran pinjaman dari PT Bank Central Asia Tbk., (BCA) senilai Rp 1,47 triliun. Sekretaris Perusahaan Erajaya, Amelia Allen menyatakan, fasiltas pinjaman tersebut akan digunakan untuk modal kerja perusahaan.

Dana tersebut akan digunakan ERAA untuk penambahan gerai. Sebelumnya, perseroan juga meraih pinjaman dari PT Bank CTBC Indonesia sebesar Rp 250 miliar. Hingga kuartal III-2017, total liabilitas ERAA sudah mencapai Rp 3,67 triliun.

Tahun lalu ERAA menganggarkan belanja modal Rp 100 miliar. Pada 2017, ERAA menambah 50 gerai baru, yang tersebar di berbagai daerah. ERAA juga melakukan refurbish terhadap 40-50 gerai.

Direktur Pemasaran dan Komunikasi Erajaya, Djatmiko Wardoyo, menyebutkan, pihaknya melakukan pengembangan distributorship Samsung ke area Sulawesi.

“ERAA akan berekspansi dengan penambahan 250 toko pada tahun ini. Jumlah ini lima kali dari tahun sebelumnya,” papar Djatmiko dalam keterangannya, (13/02/2018).

Bertoni Rio, Senior Analyst Research Division Anugerah Sekuritas Indonesia, mengatakan, pinjaman yang diraih ERAA bisa memberi ruang untuk memperbesar bisnis, sehingga menambah penjualan. Saat ini, ERAA memiliki debt to equity ratio (DER) 102,49 persen. Rasio ini memang cukup besar. “Namun masih wajar,” kata Bertoni.

Bertoni menambahkan, perkembangan bisnis digital makin pesat. Hal ini bakal menjadi pendorong kinerja ERAA. Secara historis, ERAA memang belum menunjukkan lonjakan kinerja. Sepanjang dua tahun terakhir, net margin  ERAA stagnan sekitar 1 persen-1,5 persen, dengan pertumbuhan pendapatan sekitar 3,8 persen-3,9 persen.

Meski begitu, Bertoni melihat prospek ERAA masih bagus. Ia merekomendasikan buy on weakness saham ERAA di level Rp 860 dengan target harga Rp 1.050 per saham. (Red)


Photo Credit : PT Erajaya Swasembada Tbk  mendapatkan kucuran pinjaman dari PT Bank Central Asia Tbk., (BCA) senilai Rp 1,47 triliun. File/Dok/Ist. Photo

 

KBI Telegraf

close