Arus Mudik Lancar Permudah Pendistribusian BBM

"Kios bensin dalam kemasan juga termasuk laris sehingga mampu mengurai kemacetan di Rest Area Tol. Begitu pula penyediaan Mobile Dispenser dan Motor BBM,"

Arus Mudik Lancar Permudah Pendistribusian BBM

Telegraf, Jakarta – Proses arus mudik Lebaran yang lancar hingga H-3 ini membuat PT Pertamina mampu mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM) dengan lebih baik.

Demikian disampaikan GM Marketing Operation Region III PT Pertamina Erry Widiastono dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema “Puncak Mudik 2018 Guyub, Aman, dan Nyaman” di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (12/06/18).

Erry Widiastono menerangkan, 3-4 hari sebelumnya sudah meninjau ke Tegal, Cikampek, melewati jalur Selatan lalu ke Bandung ternyata arus mudik lancar. Kondisi ini memudahkan kerja Pertamina. Karena tidak ada antrean di SPBU sehingga Pertamina mampu mengatur alur distribusi ke sejumlah titik jalur pemudik.

“Pertamina dalam mengantisipasi musim Lebaran ini membentuk Satgas khusus yang bekerja sejak H-15 hingga H+15,” jelas Erry.

Pihak Pertamina memperkirakan pada tahun ini, pada H-11 terjadi peningkatan konsumsi BBM. Apalagi mengingat selain musim Libur Lebaran yang panjang disertai Libur Sekolah. Puncak konsumsi terjadi pada H-5 pada Minggu (10/06/2018) terjadi kenaikan 13,6% dari konsumsi normal sehari-hari. Tapi dari kelompok bensin kebutuhannya lebih besar dari tahun sebelumnya.

Dari kelompok solar yang biasa digunakan oleh kendaraan bus, truk angkutan baru justru konsumsinya menurun pada H-4 sebesar 4,4% dari kondisi normal. Ini disebabkan ada kebijakan larangan angkutan barang di masa Libur Lebaran.

Menurut Erry, Pertamina bukan hanya sekadar menyediakan pasokan BBM tapi juga melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Untuk itu disediakan bensin dalam kemasan di 3.400 SPBU, 257 SPBU di jalur Pantura dan jalur Rest Area Tol.

“Kios bensin dalam kemasan juga termasuk laris sehingga mampu mengurai kemacetan di Rest Area Tol. Begitu pula penyediaan Mobile Dispenser dan Motor BBM,” pungkas Erry. (Red)

Baca Juga  Ganti Tito, OJK Tetapkan Inarno Djayadi Sebagai Dirut BEI Baru

Photo Credit : Truk tanki BBM antre di Terminal BBM Pertamina Plumpang, Jakarta, Jumat (25/7). PT Pertamina (Persero) menyiapkan langkah antisipatif untuk mengamankan distribusi BBM dan LPG selama masa mudik Lebaran dengan membentuk posko Satgas BBM, LPG, dan Avtur serta menyiapkan sebanyak 71 Kiosk Pertamax kemasan di jalur alternatif. PR/Ade Bayu Indra

Share