Akademi Sapi Dari PATAKA dan Trisakti

Tanggal:



Telegraf, Bogor – Dalam upaya memperkecil rantai pasok sapi dan meningkatkan ketrampilan serta wawasan dalam membudidayakan sapi limosin, Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi (PATAKA) gandeng universitas Trisakti meresmikan sarana pendidikan vokasional secara invormal yaitu program Akademi Sapi Oentoek Rakjat (AKSARA).

Sarana pendidikan ini diharapkan bisa menarik calon calon mahasiswa yang berminat mengembangkan usaha peternakan serta kemudahan mendapatkan akses dan pembinaan sehingga para calon mahasisawa nanti tidak perlu belajar kemana mana ungkap penggagaas PATAKA,  Yeka Hendra Fatika di Bogor, Rabu, (07/02/2018).

“Sarana pendidikan ini diharapkan menjadi laboratorium bagi calon mahasiswa, dan tidak menutup kemungkinan  Universitas Trisakti akan membuka semacam sekolah khusus dibidang agrobisnis,” ungkap Yeka di sela sela peresmian sarana pendidikan tersebut.

Yeka menjelaskan sarana pendidikan yang terletak di Kampung Nagrak, Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor ini, diharapkan para peternak bisa belajar banyak mengenai budidaya ternak khususnya sapi potong dengan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

“Tidak perlu lagi latian uji coba mengembangkan bisnis, sehingga meminimalisir kerugian yang terjadi diawal bisnis,” kata Yeka

Yeka menuturkan dalam pendidikan nanti para peserta atau para peternak akan mendapatkan teknik teknik dan metode metode serta managemen pengelolaan berternak sapi dengan evisien.

Selain itu juga para peternak akan belajar menganai bagaimana pembesaran dan penggemukan sapi yang mana jangka panjangnya adalah jika untuk pembesaran ini memperlukan pedet makan tidak perlu lagi dari belantik serta tidak perlu lagi membeli di pasar tetapi bisa didapatkan dari peternak yang AKSARA bina.

Hadir dalam acara tersebut Rektor Universitas Trisakti, Ali Ghufron Mufti  mengatakan  potensi sumberdaya alam Indonesia adalah sangat besar, termasuk peternak. Jika bisa dikembangkan ternak sapi di dalam negeri, maka Indonesia tidak lagi tergantung pasokan daging/sapi dari Impor.

“Kami bangga dan berkomitmen untuk mengembangkan sapi untuk rakyat. Kita juga komitmen membangun SDM peternak rakyat, atas nama Trisakti kami sambut baik kolaborasi ini,” ujarnya. (Red)


Photo Credit : Pusat Kajian Pertanian Pangan dan Advokasi (PATAKA) gandeng universitas Trisakti meresmikan sarana pendidikan vokasional secara invormal yaitu program Akademi Sapi Oentoek Rakjat (AKSARA). Telegraf/Atti Kurnia

Atti K.

Artikel Terbaru

Artikel Lainnya
Telegraf

PLN Buka Program Tambah Daya, Bisa Lewat Aplikasi

Telegraf - PT PLN (Persero) mengajak masyarakat memanfaatkan program...

Membangun Generasi Emas Di Era Digital

Telegraf - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama...

Penyaluran Kredit Bank BTN di Wilayah Timur Indonesia Capai 171 Persen

Telegraf - Program Bank Tabungan Negara (BTN) Solusi yang...

Penanganan Covid-19 di Indonesia Dapatkan Apresiasi Dari PBB

Telegraf - Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia mendapatkan apresiasi...