2018 Angkasa Pura II Targetkan Pendapatan Sebesar Rp 9,4 Triliun

"Kami mulai mempercepat pertumbuhan bisnis anorganik melalui kegiatan-kegiatan anak usaha yang fokus di non aero. Tahun ini kami membidik target anak usaha konsolidasi sebesar Rp 1,7 triliun. Di mana untuk PT Angkasa Pura Solusi (APS) pertama sekali akan menjadi 1 trillion company,"

2018 Angkasa Pura II Targetkan Pendapatan Sebesar Rp 9,4 Triliun


Telegraf, Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II menargetkan pendapatan sebesar Rp 9,4 triliun pada 2018 atau tumbuh 17,6 persen dibandingkan realisasi pada tahun lalu senilai Rp 8,2 triliun. Selain itu, perusahaan membidik jumlah lalu lintas penumpang sebanyak 119 juta orang pada tahun ini atau naik 13 persen ketimbang tahun lalu yang berjumlah 105 juta penumpang.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, mengutarakan, pada tahun ini, pihaknya menggenjot pendapatan sektor non aeronautical dengan target pertumbuhan 23 persen dari tahun lalu atau menjadi Rp 3,8 triliun dari sebelumnya Rp 3,2 triliun. Sedangkan, pendapatan aeronautical dibidik sebesar Rp 5,6 triliun dengan pertumbuhan 13,75 persen dari tahun lalu yang senilai Rp 5 triliun.

“Kami mulai mempercepat pertumbuhan bisnis anorganik melalui kegiatan-kegiatan anak usaha yang fokus di non aero. Tahun ini kami membidik target anak usaha konsolidasi sebesar Rp 1,7 triliun. Di mana untuk PT Angkasa Pura Solusi (APS) pertama sekali akan menjadi 1 trillion company,” kata Awaluddin di Jakarta, Rabu (07/02/2018).

Menurutnya, APS akan fokus pada pengembangan bisnis layanan fasilitas dan layanan penumpang dengan pendekatan berbasis digital. Sedangkan, anak usaha lainnya, yaitu Angkasa Pura Propertindo (APP) akan menyelesaikan proyek hotel bandara di Bandara Kualanamu dan mulai membangun hotel di Bandara Soekarno Hatta. Lantas, PT Angkasa Pura Kargo (APK) akan membangun integrated and warehouse aeroplex di 10 bandara-bandara AP II.

“Anak usaha juga akan melakukan akusisi atau kerja sama di portofolio yang sesuai dengan anak usaha,” terang Awaluddin.

Awaluddin juga mengatakan, bahwa pihaknya juga menargetkan jumlah penumpang sebanyak 119 juta orang. Selain itu, pergerakan pesawat diharapkan mencapai angka satu juta pergerakan pada tahun ini. Pada 2017, jumlahnya sekitar 800.000 pergerakan pesawat.

Jumlah penumpang dan lalu lintas pesawat didorong dengan penambahan bandara kelolaan menjadi 15 bandara. Sebagaimana diketahui, pada akhir tahun lalu AP II mendapatkan hak pengelolaan Bandara Banyuwangi, Jawa Tengah dan baru-baru ini perusahaan menyepakati perjanjian kerja sama operasi Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

“Traffic passenger sebesar 119 juta penumpang per tahun atau tumbuh sebesar 12,9 persen, ini termasuk traffic dua bandara baru, yaitu Banyuwangi dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB),” imbuhnya. (Red)


Photo Credit : PT Angkasa Pura (AP) II menargetkan pendapatan sebesar Rp 9,4 triliun pada 2018 atau tumbuh 17,6 persen dibandingkan realisasi pada tahun lalu senilai Rp 8,2 triliun. Antara/Rivan Awal Lingga

KBI Telegraf

close