Yoshihide Suga Resmi Gantikan Shinzo Abe Sebagai Perdana Menteri Jepang

"Suga sendiri memenangkan 314 suara dari 462 yang diberikan oleh anggota majelis parlemen."

Yoshihide Suga Resmi Gantikan Shinzo Abe Sebagai Perdana Menteri Jepang

Telegraf – Yoshihide Suga terpilih sebagai perdana menteri Jepang menggantikan Shinzo Abe oleh majelis parlemen pada hari Rabu (16 September), setalah Abe menjadi pemimpin Jepang yang pertama dalam kurun waktu hampir delapan tahun.

Suga, 71, adalah juga merupakan tangan kanan Abe sejak lama, telah berjanji untuk mengejar banyak program Abe, termasuk strategi ekonomi “Abenomics” yang khas, dan terus maju dengan reformasi struktural, termasuk deregulasi dan perampingan birokrasi.

Abe, yang merupakan perdana menteri terlama di Jepang, mengundurkan diri karena kesehatannya yang memburuk setelah hampir delapan tahun menjabat.

Suga sendiri memenangkan 314 suara dari 462 yang diberikan oleh anggota majelis parlemen.

Majelis tersebut lebih mengutamakan memilih perdana menteri daripada majelis tinggi, yang juga diharapkan memilih Suga karena mayoritas suara yang berkuasa.

Suga, yang memenangkan pemilihan merupakan salah satu pimpinan Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa dengan telak pada hari Senin, Suga pun kedepan dihadapkan pada banyak tantangan, termasuk mengatasi pandemi Covid-19 sambil menghidupkan kembali roda ekonomi Jepang yang terpukul dan berurusan dengan rakyat yang sudah lama dipimpin oleh Abe.

Dengan sedikit pengalaman diplomatik, Suga juga harus mengatasi konfrontasi AS-Cina yang semakin intens, membangun hubungan dengan pemenang pemilihan presiden AS 3 November mendatang dan mencoba untuk menjaga hubungan antara Jepang  dengan Beijing.

Media dalam negeri Jepang mengatakan bahwa kira-kira setengah dari kabinet baru adalah orang-orang dari kabinet Abe.


Photo Credit: Yoshihide Suga Perdana Menteri Jepang terpilih pengganti Shinzo Abe. GETTY IMAGES

 

Didik Fitrianto