Selamat Jalan Fidel Castro, Legenda dan Maestro Pemimpin Revolusi Kuba

"Kami menerima kabar kematian dari teman terkasih dan rekan abadi, Fidel Castro Ruz. Fidel akan selalu hidup di hati orang-orang yang berjuang untuk keadilan, martabat, dan persaudaraan,"

Selamat Jalan Fidel Castro, Legenda dan Maestro Pemimpin Revolusi Kuba


Telegraf, Kuba – Pemimpin revolusi Kuba itu telah tiada. Fidel Castro diumumkan telah wafat oleh sang adik, Raul, pada Sabtu (26/11) di usia 90 tahun.

Perjuangan dan masa kepemimpinan Castro semasa hidupnya memang mengukirkan sejarah dunia. Sejumlah pemimpin dunia pun mengekspresikan rasa kehilangannya terhadap Castro di media mikroblog Twitter.

Sejak dinyatakan meninggal dunia, ranah Twitter diramaikan oleh cuitan para netizen terkait Castro.

Trending Topic untuk wilayah Indonesia dan skala global dipuncaki oleh konten yang mengandung “Fidel Castro” dengan jumlah lebih dari satu juta tweet.

Sementara tanda pagar #Cuba sempat menempati posisi kedua dengan jumlah kicauan sekitar 73 ribu tweet.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengatakan dirinya turut meratapi kematian Castro.

Saya turut sedih atas kematian Fidel Castro Ruz, pemimpin revolusi Kuba dan lambang orang bersejarah di abad 20,” cuitnya melalui akun @EPN.

Presiden India Rashtrapati Bhavan juga berbagi belasungkawa terhadap kematian Castro melalui akun @RashtrapatiBhvn.


Then Cuban Prime Minister Fidel Castro smokes a cigar during interviews with the press during a visit of US Senator Charles McGovern, in Havana in this May 1975 file photo. Photo: Reuters/Prensa Latina