Salesforce dan Nokentech Kolaborasi untuk Meningkatkan Keterampilan Digital di Kalangan Pelajar Indonesia”

Oleh : Idris Daulat
Peserta mengikuti pelatihan Salesforce di Papua Youth Creative Hub

Telegraf – Salesforce, pemimpin global dalam Customer Relationship Management (CRM), mengumumkan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding /MOU) dengan mitra, Nokentech untuk menciptakan kesetaraan akses keterampilan digital bagi pelajar di daerah pedesaan dan perkotaan Indonesia (30 Maret 2023).

Dalam tiga tahun ke depan, Salesforce dan Nokentech akan bekerja sama memberi pelatihan keterampilan customer relationship management (CRM) kepada 100.000 pelajar Indonesia agar bisa berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi digital yang sedang berkembang di tanah air. Kemitraan ini mendukung pemerataan akses keterampilan digital yang menargetkan 50% pelajar yang dilatih adalah kaum wanita dan anak-anak perempuan, sekaligus menandai kemitraan pelatihan CRM pertama di Indonesia dalam skala ini. Inisiatif tersebut merupakan bagian dari Platform Manajemen Talenta Nasional (MANTAP) yang berupaya mengembangkan ekosistem talenta di Indonesia.

Program pelatihan ini tersedia untuk pelajar berusia 18 -26 tahun di Indonesia dan akan dilaksanakan di Trailhead, platform belajar online gratis milik Salesforce. Salesforce akan melaksanakan sesi Train-The-Trainer dengan Nokentech untuk membekali para pelatih mereka dengan keterampilan dalam tren CRM yang sedang berkembang, serta pemahaman tentang kurikulum Salesforce.

Sesi pelatihan pertama untuk lebih dari 100 pelajar diadakan pada 23 Maret 2023 di Papua Youth Creative Hub di Jayapura, yang baru saja diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 21 Maret 2023. Sesi pelatihan selanjutnya akan diadakan di berbagai lokasi di Indonesia dan di tujuh Youth Creative Hub di seluruh Indonesia yang tersedia.

Menciptakan jalan untuk pembelajaran berkelanjutan dan peluang kerja

Salesforce dan Nokentech akan bermitra untuk membuka peluang kerja bagi para peserta dalam ekosistem pelanggan dan mitra Salesforce di Indonesia. Peserta yang terpilih dapat mengikuti pelatihan lebih lanjut untuk mendapatkan sertifikat Salesforce Administrator dan Salesforce Developer agar bisa bekerja sebagai administrator dan developer di Salesforce.

Program ini didukung oleh Trailhead Academy Salesforce, yang bermitra dengan organisasi-organisasi pemerintah, universitas dan lembaga pendidikan lain untuk mengembangkan tenaga kerja dengan keterampilan digital.

“Di Salesforce, kami percaya bahwa bisnis adalah platform terbesar untuk membawa perubahan. Melalui kemitraan dengan Nokentech, kami ingin menciptakan pemerataan akses keterampilan digital yang dibutuhkan kalangan pelajar Indonesia, dan memperluas talent pool sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo untuk tersedianya sembilan juta orang dengan keterampilan digital pada tahun 2030. Memberikan akses pendidikan dan kesempatan kerja yang inklusif untuk kaum muda sangat penting untuk membuka seluruh potensi ekonomi digital Indonesia demi mendorong inovasi dan pertumbuhan,” ucap Sujith Abraham, Senior Vice President and General Manager, ASEAN, Salesforce.

“Membangun talenta digital menuntut untuk dihilangkannya penghalang dan menciptakan berbagai peluang dengan program-program dan tools yang bisa diakses pelajar di Indonesia. Hal ini menjadikan Salesforce sebagai salah satu platform terbaik untuk melatih pelajar kami. Dengan Nokentech sebagai mitra pelatihan Salesforce dalam program Pemerintah ini, kami berharap bisa mencapai target kami dari Indonesian Digital Talent,” ucap Audy Nelwan, Chief Executive Officer, Nokentech.

“Kemitraan ini adalah inisiatif untuk mendorong terciptanya talenta-talenta digital di Papua dan berkontribusi terhadap target 9 juta talenta digital di Indonesia. Kami optimistis dengan inisiatif ini dan terus menjajaki perluasan program ini ke wilayah-wilayah lain di Indonesia bersama Salesforce,” kata Dr. R.M. Agung Harimurti, Kepala Pusat Pengembangan dan Penelitian Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Makassar (BBPSDMP KOMINFO Makassar).

“Indonesia siap menjadi salah satu ekonomi terbesar di dunia dalam sepuluh tahun mendatang dan talenta digital menjadi keharusan untuk mendukung target ini. Guna membekali generasi masa depan tenaga kerja kita dengan keterampilan yang relevan dalam konteks lingkungan bisnis, penting bagi sektor publik dan swasta bekerja sama dan memberikan komitmen serta keterampilan mereka untuk melatih talenta-talenta kami, tidak hanya di perkotaan, namun juga pedesaan. Salesforce memimpin jalan dalam mendukung target ini dan kami berharap bisa membangun kemitraan yang berkelanjutan,” kata, Billy Mambrasar, Staf Khusus dan Penasihat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo,

“Kami belajar banyak dari pelatihan Trailhead. Platform ini mudah digunakan dan kami mendapatkan pengetahuan praktikal. Selain itu, pelatihan ini telah membuka mata kami terhadap peluang-peluang dunia digital, lebih dari sekedar akses internet. Ini akan membantu kami dalam mendapatkan peluang kerja di masa depan, atau saat kami memutuskan untuk membuka bisnis sendiri,” kata Yando, peserta pelatihan Salesforce di Papua Youth Creative Hub dan pelajar Papua Harapan School.

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close