Lebaran Ini Tol Pemalang-Batang Siap Dioperasikan

Lebaran Ini Tol Pemalang-Batang Siap Dioperasikan

“Hari ini saya cek ngecek ruas Tol Trans Jawa, dari Pejagan sampai Semarang. Ini kalau dari Semarang sampai ke Gandulan, insya Allah akan sudah operasional Mei ini,”

Lebaran Ini Tol Pemalang-Batang Siap Dioperasikan

Telegraf, Pemalang – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau lokasi proyek Tol Trans Jawa Pemalang-Batang pada Rabu (07/03/18), guna melihat kesiapan infrastruktur salah satu ruas tol tersebut jelang persiapan mudik Lebaran tahun ini.

Dalam kunjungannya di Pemalang, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono melakukan pengecekan dengan naik kendaraan darat. Melintasi jalan tol dari exit Gandulan hingga Sewaka. Di atas jalan itu Menteri puas atas progres pekerjaan yang dilaksanakan.

Sementara untuk ruas Gandulan ke timur menuju Pekalongan, dia menyatakan ada kendala pada kondisi struktur tanah yang berbeda-beda. Namun hal itu bisa diatasi secara teknis.

Disinggung mengenai operasional perdana jalan tol Pejagan-Semarang, menurut Basoeki diserahkan kepada Kementerian BUMN. Apakah pengguna tol akan dikenakan tarif resmi atau gratis.

Tol Pemalang-Batang memiliki panjang ruas 39,2 km dengan nilai investasi sebesar Rp 7,49 triliun.

Sedangkan untuk manajemen traficknya ada pada Kapolda dan Menteri Perhubungan. Dalam kesempatan itu Kapolda menyatakan siap untuk mengamankan jalur tol Trans Jawa yang kin sedang dibangun. Baik itu pengaman pada saat proses pembangunan, maupun operasionalnya.

Ketika dilintasi ruas tol tersebut masih berdebu, tampak kerikil dan bahan material berada di sisi jalan. Namun demikian, Basuki optimistis, pada akhir Mei tahun ini bisa rampung.

“Hari ini saya cek ngecek ruas Tol Trans Jawa, dari Pejagan sampai Semarang. Ini kalau dari Semarang sampai ke Gandulan, insya Allah akan sudah operasional Mei ini,” kata Basuki di ruas tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Rabu (07/03/18).

Baca Juga :   BTN Umumkan Pertumbuhan Laba Bersih Kuartal III 2021 Naik 35,32 Persen

Menurut Basuki, pembangunan jalan tol Pemalang–Batang sepanjang 39,2 km merupakan salah satu ruas yang memiliki kendala tehnis terberat dalam hal penanganan lahan.

Tol ini terdiri dari 2 seksi dari keseluruhan proyek jalan tol Trans Jawa yang terbentang sepanjang 661 km dari Jakarta-Surabaya yang diperkirakan rampung pada akhir 2018. (Red)


Photo Credit : Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono tinjau lokasi proyek Tol Trans Jawa Pemalang-Batang pada Rabu, (07/03/18) jelang persiapan mudik lebaran tahun ini. | Antara/Harviyan Perdana Putra

KBI Telegraf

close