Jelang Debat Pilkada, Belum Ada Kepastian SBY Akan Hadir

"Pak SBY dan Bu Ani kelihatannya ingin melihat tapi kami akan lihat situasinya,"

Jelang Debat Pilkada, Belum Ada Kepastian SBY Akan Hadir


Telegraf, Jakarta – Calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni akan menjalani debat pertama mereka setelah didapuk menjadi salah satu kontestan di Pilkada 2017.

Orang tua dari Agus Yudhoyono, Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono ingin menyaksikan aksi anaknya di arena debat yang digelar KPU DKI Jakarta tersebut.

Ketua tim pemenangan Agus-Sylvi, Nahrowi Ramli menyatakan keinginan SBY dan Ani Yudhoyono untuk menyaksikan langsung di lokasi debat sangat tinggi. Sayangnya, hingga kini belum ada kepastian apakah keduanya akan benar hadir atau tidak di Hotel Bidakara tempat berlangsungnya debat.

“Namanya orang tua dan keluarga pasti ingin menyaksikan ya, tapi kami belum tahu,” ujar Nara saat ditemui di Wisma Proklamasi, Jumat (13/1).

Tak hanya SBY dan Ani Yudhoyono yang ingin menyaksikan aksi Agus dan Sylvi dalam debat hari ini, menurut Nara anggota keluarga lainnya pun ingin menonton secara langsung.

Hanya saja, Nara tak membocorkan di mana posisi SBY dan Ani saat ini. Dia pun menunggu konfirmasi apakah keluarga besar Agus Yudhoyono akan hadir di lokasi debat atau tidak.

“Pak SBY dan Bu Ani kelihatannya ingin melihat tapi kami akan lihat situasinya,” kata Nara.

Sebelumnya KPU DKI Jakarta telah menjabarkan enam sesi dalam kampanye debat terbuka Pilkada Jakarta 2017 yang akan digelar hari ini. Enam sesi debat tersebut akan dilakukan dalam durasi dua jam, sejak pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Komisioner KPU DKI Betty Idroos menyatakan pada sesi pertama ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ibu kota diberi waktu untuk memperkenalkan visi-misi dan program kerja. Kemudian, memasuki sesi kedua akan ada pertanyaan umum yang diberikan moderator debat, Ira Kusno, kepada tiap peserta Pilkada DKI.

Baca Juga :   Pertemuan AHY-Anies Konsolidasi 2024?

Pertanyaan umum yang diberikan sesuai dengan tema debat yaitu pembangunan sosial-ekonomi ibu kota. Pada sesi ketiga moderator berikan waktu bagi pasangan calon untuk pemberian tanggapan.

Setelah itu, debat terbuka disebut akan memasuki acara inti yaitu tanya jawab antarpeserta pilkada. Betty menjelaskan sesi tanya-jawab antarpeserta pilkada akan dilakukan pada sesi keempat dan kelima.

Sesi keempat pasangan calon dapat saling bertanya. Di sesi tersebut, para calon sudah saling menyiapkan pertanyaan. Pertanyaan yang diajukan dapat dijawab bebas oleh calon gubernur maupun wakil gubernur. Pertanyaan balasan dapat diberikan dalam sesi kelima debat.

Terakhir, debat terbuka akan ditutup dengan penyampaian pernyataan penutup oleh ketiga peserta pilkada ibu kota. Setelah itu, debat terbuka akan dilanjutkan ke sesi kedua pada 27 Januari. (Red)

Photo credit : Ist. Photo


KBI Telegraf

close