Hasil Komoditas Tembakau Lebih Menguntungkan Daripada Komoditas Lain

Hasil Komoditas Tembakau Lebih Menguntungkan Daripada Komoditas Lain

“Dari hasil penelitian tersebut, bisa dilihat fakta menarik, bahwa komoditas tembakau dan cengkih lebih menguntungkan dibandingkan komoditas lainnya”

Hasil Komoditas Tembakau Lebih Menguntungkan Daripada Komoditas Lain

Telegraf, Jakarta – Menurut UU Perkebunan No.39 Tahun 2014, tembakau merupakan salah satu (dari tujuh) Komoditas Perkebunan Strategis Nasional, tetapi dari sisi lain keberadaan Industri tembakau (IHT) dan perkebunan tembakau seperti dianak tirikan.

Salah satu penelitian menunjukan dengan luas tanam yang sama (per hektare) penerimaan tembakau Rp53,282.874 dibanding padi yang hanya menghasilkan Rp13,235.791, ini menandakan penerimaan tembakau lebih tinggi dibanding penerimaan dari pertanian jenis lain.

Dari hasil penelitian tersebut, bisa dilihat fakta menarik, bahwa komoditas tembakau dan cengkih lebih menguntungkan dibandingkan komoditas lainnya, ungkap Soeseno Ketua Umum Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) mengatakan dalam dalam diskusi bertema Peranan Tembakau dalam Pembangunan Nasional, di Jakarta.

Soeseno juga mengatakan bahwa komoditas tembakau sebagai tanaman turun temurun yang merupakan bukti bahwa petani tembakau bisa berkelanjutan, karena budidaya tembako adalah realitas kultural.

Sampai dengan saat ini, komoditas tembakau masih menjadi komoditas pilihan di saat musim kemarau, karena masih mempunyai nilai ekonomi tinggi dibanding dengan komoditas pertanian lainnya, ungkap Soeseno Jumat (23/03/18).

Sementara Ketua Umum Aliansi Masyarakat Tembakau Indonesia Budiono menjelaskan sektor tembakau terbukti memberikan multiplaier effect yang signifikan dalam pembangunan Indonesia, selain kontribusi ekonomi ke negara juga menyerap tenaga kerja lebih dari 6 juta orang.

Searah dengan semangat pertanian berkelanjutan, AMTI sebagai anggota dari International Tobacco Growers Assosiation (ITGA) mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan musyawarah petani tembakau se-Asia – Asia Tobacco Forum (ATF) pada 27 Maret mendatang di Lombok. (Red)

Baca Juga :   Milad Ke 7 Jamsyar terus Secure, Survive, Sustain dan Catat Aset 1,9 Triliun

Photo Credit : Industri tembakau (IHT) dan perkebunan tembakau seperti dianak tirikan. | Antara/Siswowidodo
Atti K.

close