BIG Percepat Penyelesaian 57 RDTR Dalam Rangka Dukung OSS

"Walaupun data yang kita tampilkan tidak sepenuhnya memenuhi syarat ideal tapi namanya tata ruang itukan continuose improvement nantinya"

BIG Percepat Penyelesaian 57 RDTR Dalam Rangka Dukung OSS

Telegraf, Bogor –Dalam rangka mendukung Online Single Submission (OSS), Badan Informasi Geospasial (BIG) lakukan pendampingn percepatan penyelesaian 57 kawasan
Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan industri dan kawasan usaha selama dua hari.

Pendampingan dan proses validasi meliputi penyusunan sumber data, peta dasar, peta tematik, peta rencana, album peta, kesesuaian peta rencana dengan ranperda, serta integrasi pada semua unsur tersebut. hal Itu doungkapkan oleh Antonius Bambang Wijanarko Deputi Bidang Informasi Geospasial Tematik dalam pembukaaan percepatan penyelesaian Peta RDTR di kantornya Jl.Cibinong, Bogor, Senin (5/1).

Antonius mengungkapkan dari 158 kabupaten yang dqpqt di nego sebyak 57 kabupaten, dan haruanya bulan lalu di plenplan. “Sudah tidak ada percepatn lagi di era sekarang tetapi lompatan, kalau percepatan sekitar 2meter perseti dan sekarang harus melompat kearah yang lebih jauh, ” tuturnya penuh semangat.

Ia menyadari pada pelaksanannya banyyak ditemukan kendala antaralain keterbatasan waktu penyusunan dan banyaknya jumlah RDTR yang harus disusun serta terbatasnya sumber daya manusia yang menguasai aspek perpetaan serta ketersediaan data (sunber data dan peta dasar) yang belum mencakup seluruh wilayah perencanaan.

BIG Percepat Penyelesaian 57 RDTR Dalam Rangka Dukung OSS

Antonius berharap kepada pemerintah daerah data sharingnya ditingkatkan karena salah satu hal yang dapat memperbaiki penataan ruang masing masing.

“Walaupun data yang kita tampilkan tidak sepenuhnya memenuhi syarat ideal tapi namanya tata ruang itukan continuose improvement nantinya,” tutur Antonius.

Antonius menambahkan mudah mudahan 5 tahun kedepan ada percepatan pemetaan rupabumi disekala 1/5000 sehingga setelah itu OSS dan semua tata ruang, serta peta dasar. (Red)


Photo Credit : Deputi Bidang Informasi Geospasial Tematik Antonius Bambang Wijanarko menyerahkan peta RDTR keperwakilan Provinsi Kalimantan Timur di kantornya, Jln Cibinong , Bogor, Senin (5/1)


Atti K.