Sambut Asian Game 2018 Wapres Lakukan Ratas

Sambut Asian Game 2018 Wapres Lakukan Ratas

“Hal yang harus diraih dalam penyelenggaraan Asian Games salah satunya adalah pembangunan sarana atau venue, disamping penyelenggaraan yang baik. Dengan jumlah total atlet lebih dari 9.000 ditambah dengan media serta official, semuanya harus tertata dengan baik, yang penting bagaimana atlet dapat hasilkan prestasi baik dan acara terlaksana baik"

Sambut Asian Game 2018 Wapres Lakukan Ratas


Telegraf, Jakarta – Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, menghadiri rapat terbatas (Ratas) persiapan penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018, yang jatuh di Indonesia.

Rapat terbatas kali ini dihadiri oleh Ketua Pengarah Asian Games 2018, Wapres Jusuf Kalla, Penanggung Jawab Asian Games 2018 yang juga Menpora, Imam Nahrawi, Menkominfo, Rudiantara, Pelaksanaan tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, Indonesia Asian Game Organizing Comitte (INASGOC) selaku panitia Asian Games 2018, dan perwakilan Kementrian Lembaga (K/L) serta badan usaha milik negara lainnya.

Puan Maharani menjelaskan bahwa dengan waktu yang tersisa kurang lebih 17 bulan menuju penyelenggaraan Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Jakarta, Palembang, Jabar, dan Banten pada 18 Agustus – 2 September 2018, yang mempertandingkan 36 Cabang Olahraga, Indonesia diharapkan mampu memperoleh kesuksesan, baik prestasi dan penyelenggaraan.

Sebagai tuan Rumah Penyelenggara pesta olahraga se-Asia ini. Tercatat Indonesia menurunkan atlet terpilih yang berjumlah 877 orang dengan target prestasi diperingkat ke-8 hingga 10 Asian Games 2018. Dengan target tersebut, Indonesia setidaknya harus mampu memperoleh medali emas antara 13 hingga 20 medali. Para atlet yang tengah dipersiapkan diminta mampu mengungguli atlet lain yang berasal dari kawasan Asia Tenggara.

Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan sarana dan prasarana atlet di Asian Game nanti harus tertata dengan baik dan yang terpenting atlet Indonesia mendapat hasil dengan prestasi yang membanggakan.

“Hal yang harus diraih dalam penyelenggaraan Asian Games salah satunya adalah pembangunan sarana atau venue, disamping penyelenggaraan yang baik. Dengan jumlah total atlet lebih dari 9.000 ditambah dengan media serta official, semuanya harus tertata dengan baik, yang penting bagaimana atlet dapat hasilkan prestasi baik dan acara terlaksana baik,” ujar Wapres Jusuf Kalla.

Menko PMK berharap semua pihak dapat bersinergi dan fokus di Asian game 2018, serta menjaga akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan dalam penyelenggaraan Asian Games sehingga tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

“Saya harapkan seluruh pihak, K/L, INASGOC, masyarakat, serta segenap pihak lainnya dapat bersinergi dengan baik, dan fokus ke Asian Games. Sinergikan program-program K/L yang sudah ada dengan kegiatan yang dapat mendukung sosialisasi Asian Games, misal Program GERMAS dari Kemenkes, Program Kemenpar. Selain itu yang terpenting sesuai harapan Wapres dan kita semua adalah mari kita jaga akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan dalam penyelenggaraan Asian Games sehingga tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” ujar Puan.

Asian Games XVIII Tahun 2018 kali ini menyediakan 1821 medali emas (Jakarta 1.411 dan Palembang 410) dari 484 nomor cabang olahraga. Sedangkan total Atlet yang diterjunkan dalam perhelatan kali ini sebanyak 11.347 orang yang terbagi atas Atlet yang bermain di Jakarta sebesar 7.965 (70.2 %) dan di Palembang sebesar 3.382 (29.8%).

Sebelum gelar pesta olahraga se-Asia itu dimulai, akan digelar test event pada bulan Oktober-November 2017 dengan melibatkan 10-15 negara peserta dan mempertandingkan 10 cabang olahraga. Dengan test event akan dapat mengetahui sejauhmana kesiapan baik dari segi infrastruktur maupun atlet. (Red)

Fotto Credit: Istimewa


 

Atti Kurnia

close