Mendag Meminta TPT Penuhi Pasar Dalam Negeri Untuk Stop Impor

"Catatannya adalah anda harus siap mengisi pasar dalam negeri, kalau tidak bisa mengsi saya akan buka kran impor, sejauh bisa mengisi maka saya akan lindungi,"

Mendag Meminta TPT Penuhi Pasar Dalam Negeri Untuk Stop Impor

 


Telegraf, Bandung – Menteri Perdagangan (Mendag) Engartiasto Lukito mengatakan, akan menyetop Impor jika industri tekstil dan produk tekstil (TPT) memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Hal ini disampaikan Mendag dalam sambutannya diacara sosialisasi road map TPT dari Dialog Tekstil Nasional (DTN) 2018 Solo, dengan tema Peningkatan Devisa Indonesia melalui produk Nsional, di Bandung.

“Catatannya adalah anda harus siap mengisi pasar dalam negeri, kalau tidak bisa mengsi saya akan buka kran impor, sejauh bisa mengisi maka saya akan lindungi,” ungkapnya

Enggar juga menjelaskan potensi ekspor TPT sangatlah besar, dan ini adalah arahan Presiden dimana kita harus membuka pasar baru dan jangan tergantung pada 2 komoditas tertentu yaitu palm oil/CPO dan Batu bara.

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia Ade Sudrajat mengatakan bahwa di dua tahun terakhir ekspor TPT terus mengalami kenaikan, misalkan tahun 2017 kemarin kenaikan ekspor kita sebanyak 5% dan untuk tahun ini 2018 naik 8%, ungkapnya usai  sosialisasi road map DTN 2018.

“Permintaan dari dunia itu terus meningkat dan ekspor kita dalam 2 tahun terakir ini naik terus di tahun 2017, 5 % dan tahun ini naik 8 persen, dimana dari tahun tahun sebelumnya tidak pernah meningkat,” tuturnya. (Red)


Credit Photo : Menteri perdagangan Engartiasto Lukita/telegraf


Share



Komentar Anda