Kutuk Kekerasan Anti-Asia, 26 Gubernur di AS Keluarkan Pernyataan

"Tindakan itu dilakukan setelah penembakan di tiga spa yang dikelola Asia di daerah Atlanta di negara bagian Georgia bagian selatan AS. Delapan orang, enam di antaranya wanita Asia, tewas dalam penembakan itu."

Kutuk Kekerasan Anti-Asia, 26 Gubernur di AS Keluarkan Pernyataan

Telegraf – Sejumlah 26 gubernur di Amerika Serikat (AS) merilis pernyataan bersama yang mengutuk kekerasan terhadap orang Asia-Amerika, Jumat (26/03/2021). Seperti dilanasir dari Xinhua, kekerasan rasial telah meningkat sejak wabah Covid- 19 setahun yang lalu.

“Apa yang terjadi pada Asia-Amerika sama sekali tidak Amerika. Kami mengutuk rasisme, kekerasan dan kebencian terhadap komunitas AAPI (Asia Amerika dan Kepulauan Pasifik), dan kami harus berbuat lebih banyak untuk melindungi, mengangkat, dan mendukung komunitas Asia-Amerika,” kata pernyataan tersebut.

Tindakan itu dilakukan setelah penembakan di tiga spa yang dikelola Asia di daerah Atlanta di negara bagian Georgia bagian selatan AS. Delapan orang, enam di antaranya wanita Asia, tewas dalam penembakan itu.

“Kehilangan orang yang dicintai secara tragis di Atlanta yang menewaskan delapan orang, termasuk enam orang Asia-Amerika, adalah bagian dari serangkaian tindakan kebencian yang panjang dan menyakitkan terhadap orang Asia-Amerika di seluruh komunitas,” pernyataannya.

Pernyataan itu ditandatangani oleh dua gubernur Republik dan 24 rekan Demokrat mereka termasuk Gubernur Lourdes Leon Guerrero dari wilayah Guam.

Menurut Stop AAPI Hate, satu organisasi sosial nirlaba yang berbasis di California, melacak insiden kekerasan terhadap orang Asia-Amerika dan Kepulauan Pasifik. Organisasi tersebut menerima hampir 3.800 laporan serangan atau pelecehan terhadap orang-orang keturunan Asia antara Maret 2020 hingga Februari 2021.


Photo Credit: Protes pernyataan rasialis anti Asia di Amerika Serikat. GETTY IMAGES

 

Ishwari Kyandra

close