Kasus Baru Tembus Hingga Empat Juta, Covid-19 di AS Tak Kunjung Mereda

"Karena pusat wabah AS telah menyebar dari New York ke Selatan dan Barat, para pejabat federal, negara bagian dan lokal telah berselisih mengenai cara untuk memudahkan penguncian yang dikenakan pada orang Amerika dan bisnis."

Kasus Baru Tembus Hingga Empat Juta, Covid-19 di AS Tak Kunjung Mereda


Amerika Serikat pada hari Kamis (23/07/20) melaporkan total lebih dari 4 juta infeksi virus corona sejak kasus AS pertama dikonfirmasi pada Januari, menurut penghitungan Reuters.

Amerika Serikat membutuhkan 98 hari untuk mencapai satu juta kasus pertama dari virus corona tetapi hanya 16 hari untuk meningkat dari 3 juta menjadi 4 juta, menurut perhitungan.

Total menunjukkan bahwa setidaknya satu dari 82 orang Amerika telah terinfeksi pada beberapa titik dalam pandemi.

Jumlah rata-rata kasus baru sekarang meningkat lebih dari 2.600 per jam secara nasional, tingkat tertinggi di dunia.

Karena pusat wabah AS telah menyebar dari New York ke Selatan dan Barat, para pejabat federal, negara bagian dan lokal telah berselisih mengenai cara untuk memudahkan penguncian yang dikenakan pada orang Amerika dan bisnis.

Persyaratan bahwa penduduk mengenakan masker di depan umum telah menjadi subjek perpecahan politik yang sengit, karena banyak kalangan konservatif berpendapat bahwa perintah semacam itu melanggar Konstitusi AS.

Presiden AS Donald Trump, seorang Republikan yang telah menolak aturan masker asional dan enggan memakainya sendiri, minggu ini berbalik arah dan mendorong orang Amerika untuk melakukannya.

“Kita harus melakukan langkah-langkah mitigasi kita: Pakai masker, hindari keramaian. Kita tidak akan melihat rawat inap dan kematian turun selama beberapa minggu karena (mereka) indikator yang tertinggal, tetapi kita mengubah gelombang itu,” Asisten AS Sekretaris Kesehatan Brett Giroir mengatakan kepada Fox News Network dalam sebuah wawancara.

Baca Juga :   Indonesia Dorong Kerja Sama Vaksin Dengan Mitra ASEAN

Photo Credit: Presiden AS Donald Trump meninggalkan konferensi pers tentang coronavirus baru, COVID-19, di Taman Mawar Gedung Putih di Washington, DC pada 11 Mei 2020. AFP/GETTY IMAGES/Brendan Smialowski

Ishwari Kyandra

close