Jelang Natal dan Tahun Baru, Kemkominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi Aman

"Hasil pengukuran kualitas layanan ini kemudian disampaikan kepada operator untuk dilakukan optimasi jaringan sehingga masyarakat dapat menikmati layanan telekomunikasi yang berkualitas."

Jelang Natal dan Tahun Baru, Kemkominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi Aman

Telegraf, Jakarta – Dalam rangka mengantisipasi peningkatan dan pergerakan trafik saat Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Perayaan Tahun Baru 2020, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah melakukan koordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di lokasi yang menjadi titik keramaian.

“Secara keseluruhan, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, di mana 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data,” kata Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (20/12/19).

Selain itu, Ditjen PPI juga melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di beberapa lokasi, di antaranya di Kawasan Monas yang berdekatan dengan Gereja Katedral, Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma, Taman Mini Indonesia Indah, dan kota-kota lainnya.

Hasil pengukuran kualitas layanan ini kemudian disampaikan kepada operator untuk dilakukan optimasi jaringan sehingga masyarakat dapat menikmati layanan telekomunikasi yang berkualitas.

Kemkominfo memastikan akan terus melakukan pemantauan terhadap performa jaringan operator seluler dalam menghadapi Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, termasuk PT Telkom dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi massa. (Red)


Photo Credit : Petugas memeriksa jaringan base transceiver station (BTS). Perawatan rutin tersebut dikakukan guna menjaga agar BTS bekerja optimal. ANTARA/Zabur Karuru

Tanggapi Artikel