Indonesia Proyeksikan 10 Tahun ke Depan Jadi Cloud Hub di Asia

Oleh : Didik Fitrianto
Photo Credit: Cloud Hub dianggap bisa jawab tantangan bisnis di era digital. SHUTTERSTOCK

Telegraf – Indonesia diharapkan akan memiliki teknologi penyimpanan data yang setara dengan negara-negara maju, bahkan menjadi pusat komputasi awan atau cloud (cloud hub) di Asia dalam 10 tahun ke depan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, menjelaskan harapan ini didasarkan pada potensi pengembangan teknologi informasi dan komunikasi atau information communication technology (ICT) dan ketersediaan talenta digital (digital talent) yang mencukupi.

“Saya mempunyai cita-cita, bahwa sudah saatnya kita menyiapkan Indonesia sebagai Cloud Hub di Asia,” katanya di Jakarta pada Selasa (25/01/2022).

Lebih lanjut Johnny menjelaskan cloud hub itu terkait dengan ketersediaan energi (power) atau listrik di suatu negara

Dalam hal itu, Indonesia dinilai memiliki potensi pasokan energi jauh lebih besar dari pasokan energi di negara-negara Asia lainnya.

“Negara-negara tetangga punya persoalan serius dengan tersedianya power supply atau listrik. Nah Indonesia punya potensi green energy (energi hijau) yang begitu besar. Karenanya kita harus men-setting Indonesia juga menjadi hub-nya cloud di Asia,” imbuhnya.

Menurut Johnny, Indonesia membutuhkan investasi besar untuk memenuhi konsumsi listrik pusat data yang dibutuhkan.

Jika diukur dengan Jepang yang memiliki kesamaan kondisi geografis, Indonesia butuh 10 watt per kapita, atau 10 kali lipat jumlah ketersediaan listrik saat ini yang hanya 1 watt per kapita.

“Itu berarti kita harus membangun 10 kali lipat dari yang tersedia, hanya untuk pusat data dan roadmap-nya Kominfo akan membangun empat pusat data yang akan kami konsolidasikan,” tuturnya.

Johnny juga memproyeksi, kebutuhan investasi untuk ketersediaan listrik di pusat data pribadi mencapai US$8-10 miliar (sekitar Rp114,7 – 143,4 triliun).

Dengan demikian, kebutuhan investasi di sektor telekomunikasi ke depan dipreyeksi akan sangat besar, sehingga menarik banyak perusahaan atau investor lokal dan asing.


Photo Credit: Cloud Hub dianggap bisa jawab tantangan bisnis di era digital. SHUTTERSTOCK

 

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close