Gunakan Software Game, Porche Aplikasikan di 911 GT3

"Ini bukanlah sesuatu yang baru, karena pabrikan mobil lain seperti BMW menggunakan teknologi tersebut untuk merancang pabrik, dan Hyundai menggunakan sistem Nvidia Drive. Sedangkan Mercedes-Benz S-Class juga menggunakan GPU Nvidia."

Gunakan Software Game, Porche Aplikasikan di 911 GT3

Telegraf – Porsche baru-baru ini mengungkapkan mahakarya terbarunya, 911 GT3. Sebagian besar keahlian dari pabrikan mobil asal Jerman itu diperoleh dari pengalamannya di motorsport.

Porsche juga harus tetap terdepan untuk mencegah para pesaingnya. Di mana dalam melakukannya, saat ini mereka menggunakan teknologi game untuk memajukan teknik pengembangannya, dilansir dari Carbuzz, Kamis (22/04/2021).

Ini bukanlah sesuatu yang baru, karena pabrikan mobil lain seperti BMW menggunakan teknologi tersebut untuk merancang pabrik, dan Hyundai menggunakan sistem Nvidia Drive. Sedangkan Mercedes-Benz S-Class juga menggunakan GPU Nvidia.

Lantas apa yang membuat penggunaan teknologi gaming Porsche menjadi istimewa? Anggota tim Teknik Porsche menggunakan perangkat lunak Unreal dalam pekerjaan mereka. Ini adalah mesin game yang sama untuk menghasilkan citra dalam game yang bersemangat dan intensif secara visual seperti Fortnite.

Porsche menggunakannya sebagai alat sehari-hari yang dapat mengajarkan sistem bantuan pengemudi atau membantu desainer untuk memvisualisasikan komponen. Teknologi ini juga akan digunakan untuk memungkinkan pelanggan mengambil tempat duduk virtual di kendaraan yang baru saja mereka pesan, jauh sebelum meninggalkan jalur perakitan.

Tetapi manfaat sebenarnya adalah dalam pengembangan, di mana para insinyur dapat menggunakan mesin permainan untuk mempelajari cara mendeteksi situasi lalu lintas secepat kilat. Manfaat nyata dari hal ini adalah berarti saat ini jauh lebih sedikit test drive yang perlu dilakukan.

Kemampuan untuk membuat ulang test drive berulang kali di dunia virtual berarti setiap skenario potensial terakhir dapat dibuat ulang sampai sistem bantuan pengemudi tahu bagaimana bereaksi dengan sempurna dalam setiap situasi. Ionut Tripon dari Porsche Engineering Romania mengatakan apa yang memakan waktu berjam-jam pada kenyataannya dapat direduksi menjadi hanya hitungan detik.

Meskipun manfaat waktu sudah jelas, manfaat lainnya adalah mobil tidak perlu dikendarai secara tidak perlu, artinya jejak karbon pembuat mobil dapat diminimalkan. Namun, memvisualisasikan impian pengguna kendaraan hingga ke inti kulit menjadi lebih mudah dengan teknologi ini.


Photo Credit: Porsche 911 GT3. CARSCOOP

 

Yuan Adriles

close