Gandeng Bank Mandiri, KAI Berikan Kemudahan Layanan Pembayaran Digital

“Dengan adanya kemudahan pembayaran menggunakan QRIS ini, diharapkan dapat semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum,”

Gandeng Bank Mandiri, KAI Berikan Kemudahan Layanan Pembayaran Digital

Telegraf – PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) menggandeng Bank Mandiri untuk berkolaborasi dalam penyediaan pembayaran digital baru. Pembayaran tiket penumpang dapat menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) melalui KAI Access.

“Pembayaran dengan metode QRIS di KAI Access bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan, karena QRIS tersebut dapat digunakan di seluruh aplikasi dompet digital yang sudah menerapkan QRIS di aplikasinya,” kata Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Aquarius Rudianto dalam pernyataannya yang diterima, Senin (25/09/2020).

Aquarius mengatakan, dukungan Bank Mandiri terhadap KAI merupakan kolaborasi bersama dalam menguatkan layanan digital di sektor transportasi. Tujuannya, kata dia, agar masyarakat dapat semakin mudah dan nyaman dalam memanfaatkan jasa transportasi, terutama kereta api.

Untuk menggunakan QRIS, Aquarius menuturkan pada tahap pembayaran pelanggan cukup memilih metode pembayaran QRIS kemudian klik download QRIS untuk menyimpan gambar QRIS-nya. Selanjutnya pada aplikasi dompet digital, lakukan pembayaran dengan menunggah gambar QRIS yang sudah diunduh sebelumnya.

“Dengan adanya kemudahan pembayaran menggunakan QRIS ini, diharapkan dapat semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum,” katanya.

Sementara itu, Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi mengtaakan, penumpang juga bisa menikmati peogram promo cashback 30 persen bagi pengguna LinkAja. Khsuusnya penumpang yang melakukan pembelian tiket KA Lokal dengan metode pembayaran QRIS dan LinkAja di aplikasi KAI Access. Program promo tersebut berlaku mulai tanggal 25-30 September 2020 dengan kuota sebanyak 2.000 pembelian pertama per hari, dengan nilai cashback LinkAja maksimal Rp3.000.

Baca Juga :   BNI Bukukan Aset Rp705,1 Triliun Pada Kuartal Tiga 2020 Sementara Laba Bersih Menurun -63,9 Persen

“Kolaborasi KAI dan Bank Mandiri ini untuk meningkatkan fitur layanan pembayaran digital tiket kereta api. Semoga dengan hadirnya layanan terbaru ini akan semakin mempermudah pelanggan serta memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan,” terangnya.

Saat ini KAI dan Bank Mandiri juga menyediakan kartu Commuterpay yang dapat dibeli dibeli mulai 25 Septemberi 2020. Maqin menuturkan, seribu pembeli pertama kartu tersebut akan mendapat diskon 25 persen.

“Kartu Commuterpay dapat dibeli masyarakat di Loket Stasiun Bogor, Cikarang, Cilebut, Cikini, Palmerah, Sudirman, Taman Kota, Universitas Indonesia, dan Juanda,” jelasnya.

Kartu Commuterpay merupakan Kartu Co-Branding e-Money antara Bank Mandiri dan KAI untuk menghadirkan kartu yang dapat digunakan untuk transaksi antarmoda transportasi serta untuk kebutuhan berbelanja. Kolaborasi dengan menghadirkan kartu Commuterpay sudah diresmukan sejak 18 Agustus 2020.


Photo Credit: PT Kereta Api Indonesia sediakan layanan pembayaran digital baru. Pembayaran tiket penumpang dapat menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) melalui KAI Access. FILE/DOK/IST

 

Didik Fitrianto