Blak-Blakan, Biden Sebut Trump Sebagai Presiden ‘Rasis’ Pertama di AS

"Cara dia berurusan dengan orang-orang berdasarkan warna kulit mereka, asal kebangsaan mereka, dari mana mereka berasal, benar-benar memuakkan,"

Blak-Blakan, Biden Sebut Trump Sebagai Presiden ‘Rasis’ Pertama di AS

Joe Biden mengatakan pada hari Rabu (22/07/20) bahwa Presiden Donald Trump adalah presiden rasis “pertama” negara itu.

Komentar calon presiden dari Partai Demokrat itu berasal dari balai kota virtual yang diselenggarakan oleh Serikat Pekerja Layanan Internasional.

Ketika seorang penanya mengeluhkan rasisme di sekitar wabah coronavirus dan menyebut presiden yang menyebutnya sebagai ” virus Cina ,” Biden menanggapi dengan menyinggung Trump dan “penyebaran rasisme.”

“Cara dia berurusan dengan orang-orang berdasarkan warna kulit mereka, asal kebangsaan mereka, dari mana mereka berasal, benar-benar memuakkan,” kata mantan wakil presiden itu dikutip dari Reuters.

“Tidak ada presiden yang pernah melakukan ini. Tidak pernah, tidak pernah, tidak pernah. Tidak ada presiden Republik yang melakukan ini. Dia yang pertama kali memilikinya. ”

Biden juga mengatakan bahwa Trump menggunakan ras “sebagai ganjalan” untuk mengalihkan perhatian dari kesalahan penanganan pandemi .

Pada pengarahan Gedung Putih Rabu malam, Trump menanggapi pertanyaan tentang komentar Biden dengan menunjukkan upaya pemerintahannya meloloskan undang-undang reformasi peradilan pidana dan memperluas zona kesempatan, serta angka pengangguran yang rendah untuk kelompok minoritas sebelum wabah coronavirus.

Biden telah bersumpah bahwa, jika terpilih, ia akan mulai menangani rasisme institusional dalam 100 hari pertamanya menjabat. Ini bukan pertama kalinya dia menyarankan tindakan Trump rasis.


Photo Credit: Presiden Donald Trump. Getty Images/Scott Olson

Ishwari Kyandra