Upaya Pemerataan Ekonomi Menko Resmikan KEK di Palu

Upaya Pemerataan Ekonomi Menko Resmikan KEK di Palu

“Kini sudah terdapat 11 KEK yang ditetapkan, ditargetkan pada tahun 2019 sudah ditetapkan 25 wilayah sebagai KEK di Indonesia. Dari 11 KEK tersebut, sebanyak 2 KEK sudah beroperasi, yaitu KEK Sei Mangkei dan KEK Tanjung Lesung. Dalam waktu dekat, 2 KEK lainnya juga akan beroperasi, yaitu KEK Mandalika, dan KEK Palu, yang hari ini akan kami resmikan pengoperasiannya”

Upaya Pemerataan Ekonomi Menko Resmikan KEK di Palu


Telegraf, Jakarta – Tanpa pebangunan infrastruktur pemerataan ekonomi tidak akan berkembang dan merata, salah satu bukti pemerintah dalam upaya pemerataan ekonomi adalah dibukannya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, yang diharapkan meningkatkan gairah investasi, yang mana KEK di palu ini menjadi hubungan Strategis industri dan logistik koridor Utara -Selatan.

KEK Palu terletak di Provinsi Sulawesi Tengah yang merupakan kawasan pertama yang didesain oleh pemerintah sebagai pusat logistik terpadu dan industri pengolahan pertambangan di wilayah Sulawesi. Dibangin diarea seluas 50 hektar, dengan aktifitas penyediaan infrastruktur di kawasan, Sumber Daya Manusia serta perangkat pengendali administrasi.

Peresmian di lakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution selaku Ketua Dewan Nasional KEK dan didampingi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, dalam upaya mempercepat pembangunan, terutama di luar Pulau Jawa. Selain itu, juga diharapkan dapat mengurangi kesenjangan intra dan inter-wilayah dan untuk meningkatkan daya saing ekonomi melalui peningkatan nilai tambah dan rantai nilai atas bahan mentah sumber daya alam nasional, Rabu (27/9/2017).

“Kini sudah terdapat 11 KEK yang ditetapkan, ditargetkan pada tahun 2019 sudah ditetapkan 25 wilayah sebagai KEK di Indonesia. Dari 11 KEK tersebut, sebanyak 2 KEK sudah beroperasi, yaitu KEK Sei Mangkei dan KEK Tanjung Lesung. Dalam waktu dekat, 2 KEK lainnya juga akan beroperasi, yaitu KEK Mandalika, dan KEK Palu, yang hari ini akan kami resmikan pengoperasiannya,” ungkap Menkoperekonomian.

Baca Juga :   Milad Ke 7 Jamsyar terus Secure, Survive, Sustain dan Catat Aset 1,9 Triliun

Darmin Nasution mengatakan secara geografis KEK Palu terintegrasi dengan Pelabuhan Pantoloan dan dilalui jalur strategis Alur Laut Kepulauan Indonesia 2. KEK Palu sangat strategis karena dilalui jalur perdagangan nasional dan internasional, yang menghubungkan kota-kota di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, dan Malaysia, serta Filipina.

Darmin menjelaskan KEK Palu diperkirakan akan menarik investasi senilai Rp 92,4 hingga 2025 dan mempekerjakan 97.500 sumber daya manusia. Adapun total investasi pembangunan kawasan di KEK Palu direncanakan sebesar Rp 1,7 triliun. (Red)

Photo Credit : Telegraf/Atti Kurnia


 

Atti Kurnia

close