Siapa Saja Parpol Baru Yang Merapat ke Jokowi, Berikut Bocoran Dari PPP

"Kubu Jokowi saat ini sepakat untuk menunda pembahasan soal Cawapres Jokowi hingga selesainya pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang,"

Siapa Saja Parpol Baru Yang Merapat ke Jokowi, Berikut Bocoran Dari PPP


Telegraf, Jakarta – Wakil Sekjen Partai Persatuan Pembangungan (PPP), Achmad Baidowi mengungkapkan, ada tanda-tanda partai politik lainnya yang akan merapat ke barisan koalisi Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Namun Baidowi tak merinci partai mana saja yang akan merapat ke barisan Jokowi tersebut. Ia hanya memastikan bahwa komunikasi politik terus dirajut dengan partai politik yang dimaksudkan tersebut.

Insya Allah, ada tanda partai politik lain juga merapat ke kubu Jokowi. Masih penjajakan komunikasi,” katanya, Rabu (30/05/18).

Dalam Pemilu 2019, setidaknya sudah ada beberapa partai politik yang menyatakan dukungannya kepada Jokowi untuk kembali maju sebagai calon presiden. Partai-partai tersebut antara lain, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golkar, PPP, Hanura, Nasdem, PKB dan Perindo.

Sedangkan, PKS dan Gerindra sejauh ini menyerukan dukungannya kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sedangkan Demokrat dan PAN belum menentukan arah dan sikapnya akan kemana mereka berkoalisi.

Terkait dengan sosok calon wakil presiden (cawapres) Jokowi yang sampai saat ini belum ditentukan. Padahal, dari beberapa lembaga survei, Jokowi selalu di atas angin dibandingkan tokoh lainnya yang masuk dalam bursa capres di Pemilu 2019.

Baidowi menegaskan, partai koalisi sepakat untuk semua pembahasan calon pendamping diserahkan sepenuhnya kepada Jokowi. Dia mengakui, partai memberikan rekomendasi kriteria cawapres, namun keputusan tetap ada di Jokowi.

Baca Juga :   Walaupun Tanpa PDIP, Survei Sebut Ganjar Paling Berpeluang di 2024

“Tidak ada tekanan dari parpol khususnya PPP. Karena cawapres menjadi hak prerogatif Jokowi. Kami hanya menyodorkan kriteria silakan dipilih yang memenuhinya,” jelasnya.

“Kubu Jokowi saat ini sepakat untuk menunda pembahasan soal Cawapres Jokowi hingga selesainya pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang,”  terangnya. (Red)


Photo Credit : Ada beberapa partai politik yang menyatakan dukungannya kepada Jokowi untuk kembali maju sebagai calon presiden. Antara lain Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golkar, PPP, Hanura, Nasdem, PKB dan Perindo. REUTERS/Beawiharta

KBI Telegraf

close