Setnov: Kalau Disebelah Raja, Memang Grogi-Grogi Sedikit

"Kunjungan Raja Salman ke Indonesia adalah kunjungan bersejarah setelah 47 tahun lalu, Raja Faisal berkunjung ke Indonesia,"

Setnov: Kalau Disebelah Raja, Memang Grogi-Grogi Sedikit


Telegraf, Jakarta – Kehadiran Raja Salman di gedung DPR RI dimanfaatkan secara baik oleh Ketua DPR Setya Novanto, dalam pidato sambutannya, Setnov panggilan akrab Setya Novanto langsung menyampaikan permintaan kepada Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud untuk memberikan pengampunan kepada para tenaga kerja Indonesia yang bermasalah dengan hukum di Arab Saudi, Kamis, (02/03/2017).

“Kunjungan Raja Salman ke Indonesia adalah kunjungan bersejarah setelah 47 tahun lalu, Raja Faisal berkunjung ke Indonesia,” ungkap Setnov.

“Bagi Indonesia yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, penambahan kuota haji ini sangat berarti,” tuturnya.

Ketua Umum Partai Golkar ini menegaskan, di Indonesia antrean untuk beribadah haji sudah sangat lama, sampai 25 tahun, bahkan, katanya ada calon jemaah haji Indonesia yang sampai wafat saat menunggu antrian ibadah haji, karena terlalu lama.

“Sri Baginda Raja Salman, berjanji akan menambah kuota haji lagi. Ini sangat penting bagi rakyat Indonesia,” katanya.

Setnov juga meminta kepada pemerintah Arab Saudi dan Raja Salman untuk bisa mencari solusi terbaik terkait permasalahan TKI dengan tetap menghormati hukum di Arab Saudi. “Atas nama rakyat Indonesia, kami mohon kemurahan hati Sri Baginda untuk memberikan ampunan,” pintanya.

Setnov terlihat sangat hati-hati sekali mengucapkan kalimat dalam bahasa Arab itu. Setelah Novanto selesai menyelesaikan kalimat dalam bahasa Arab itu. Namun, sikap grogi itu kembali terlihat saat Setnov memperkenalkan sejumlah undangan yang hadir.

Baca Juga :   Ancaman Jakarta Tenggelam Bermotif Politik Amerika

Setnov pun terlihat melakukan kesalahan dengan menyebut mantan Wakil Presiden Try Soetrisno, sebagai “wakil DPR”. Kesalahan itu spontan membuat ruangan menjadi ramai dan riuh.

Saat menyadari kesalahan itu, Novanto pun kemudian meralatnya. Dia mengakui bahwa kesalahan itu karena dia merasa grogi.

“Kalau disebelah Raja, memang grogi-grogi sedikit,” ucap Setnov yang langsung disambut tawa oleh undangan yang hadir.

Setelah itu, Setnov pun kembali melanjutkan sambutan dan pidatonya. (Red)

Photo credit : Antara/Widodo S. Jusuf


KBI Telegraf

close