SBY Harapkan Verifikasi Faktual Demokrat Penuhi Syarat Ikuti Pemilu 2019

SBY Harapkan Verifikasi Faktual Demokrat Penuhi Syarat Ikuti Pemilu 2019

“Verifikasi ini untuk menunjukkan Partai Demokrat sah dan memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2019. Semoga tugas KPU dan Bawaslu dapat terlaksana dengan baik,”

SBY Harapkan Verifikasi Faktual Demokrat Penuhi Syarat Ikuti Pemilu 2019


Telegraf, Jakarta – Partai Demokrat (PD) mengikuti verifikasi faktual calon peserta Pemilu 2019. Verifikasi yang dihadiri langsung Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman serta Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan. Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap proses verifikasi terhadap Demokrat serta seluruh partai politik (parpol) lainnya akan berjalan dengan lancar.

“Verifikasi ini untuk menunjukkan Partai Demokrat sah dan memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2019. Semoga tugas KPU dan Bawaslu dapat terlaksana dengan baik,” kata SBY dalam sambutannya di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat, Jakarta, Minggu (28/01/2018).

Menurut SBY, tugas jajaran KPU dan Bawaslu begitu berat mulai awal 2018 hingga Oktober 2019. Sebab, KPU dan Bawaslu harus menyiapkan dan melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan. “Sangat padat. Kita doakan diberikan kekuatan dan dapat bertugas dengan baik,” ujarnya.

Dia menyatakan, pemilu di Indonesia selama ini berlangsung adil dan demokratis. Dunia internasional mengapresiasi hal itu. Dia optimistis pada Pemilu 2019 mendatang, Indonesia kembali menyelenggarakan perhelatan demokrasi dengan kondusif. “Peran KPU dan Bawaslu penting. Kita sebagai parpol, ikut andil memastikan pemilu aman, tertib, lancar dan adil. Demokrat benar-benar siap untuk mengikuti pemilu di seluruh Tanah Air,” ucapnya.

Sementara Ketua KPU Arief Budiman mengungkapkan, pihaknya bersyukur Demokrat mendukung dan bersedia mengikuti tahapan verifikasi faktual. Selain di tingkat DPP, dia menjelaskan, verifikasi juga dilakukan di tingkat provinsi dan kabupaten serta kota.

Dia berpesan agar pengurus DPP mengawasi pelaksanaan verifkasi tingkat daerah. “Akhir proses ini tanggal 17 Februari 2018. KPU akan mengambil keputusan apakah parpol memenuhi syarat atau tidak,” kata Arief.

Dia menambahkan, pihaknya dan Bawaslu membutuhkan kerja sama dari peserta pemilu agar Pemilu 2019 terlaksana dengan baik. “KPU dan Bawaslu tak bisa sukseskan pemilu sendirian. Mudah-mudahan kerjasama yang baik bisa selesai sampai dilantiknya peserta pemilu sesuai jenis pemilihan,” imbuhnya.

Sedangkan Ketua Bawaslu, Abhan menuturkan, Bawaslu bertugas mengawasi seluruh proses tahapan pemilu salah satunya verifikasi faktual. “Harapan kami semua dapat berjalan sesuai norma undang-undang. Kami nanti akan berjenjang mengawasi verifikasi faktual,” tuturnya. (Red)

Photo Credit : Getty Images/Totu Yamanaka


KBI Telegraf

close