Pilpres 2019, KPU: Jokowi Bisa Pakai Pesawat Kepresidenan Untuk Kampanye

"Dalam UU sudah disebutkan apa yang dilarang, termasuk fasilitas mobilitas yakni kendaraan. Tapi pertanyaannya begini, kendaraan presiden apakah masuk standar keamanan? Itu jadi pertanyaan. Kalau itu jadi bagian dari standar pengamanan presiden, maka itu juga menjadi dibolehkan,"

Pilpres 2019, KPU: Jokowi Bisa Pakai Pesawat Kepresidenan Untuk Kampanye

Telegraf, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menilai calon presiden (capres) petahana Joko Widodo (Jokowi) bisa menggunakan pesawat kepresidenan pada saat kampanye di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 nanti. Pasalnya, pesawat kepresidenan merupakan bagian fasilitas pengamanan presiden.

“Kalau dalam pandangan KPU, pesawat kepresidenan itu bagian fasilitas pengamanan presiden,” ujar Komisioner Hasyim Asy’ari di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Jumat (13/04/18).

Hasyim mengakui bahwa dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu disebutkan bahwa capres petahana harus cuti di luar tanggungan negara ketika kampanye. Namun, ada pengecualian, yaitu fasilitas keamanan dan standar kepresidenan yang melekat pada diri presiden.

“Dalam UU sudah disebutkan apa yang dilarang, termasuk fasilitas mobilitas yakni kendaraan. Tapi pertanyaannya begini, kendaraan presiden apakah masuk standar keamanan? Itu jadi pertanyaan. Kalau itu jadi bagian dari standar pengamanan presiden, maka itu juga menjadi dibolehkan,” terangnya.

Namun Hasyim mengingatkan bahwa tim sukses tidak boleh menggunakan pesawat kepresidenan dalam kampanye. Yang boleh naik, hanya pejabat negara yang berkaitan dengan kepresidenan.

“Yang boleh naik di situ, ya hanya presiden dan pejabat negara yang berkaitan dengan kepresidenan. Untuk tim kampanye dan sebagainya berarti tidak bisa pakai pesawat kepresidenan itu,” tuturnya.

Hasyim mengatakan cuti kampanye capres petahana berbeda dengan calon kepala daerah (cakada) petahana. Jika cakada petahana, cutinya selama masa kampanye. Sementara capres petahana hanya cuti pada saat kampanye.

“Jabatan presiden kan melekat. Seseorang ini kan jadi presiden sejak dia dilantik sampai dengan akhir masa jabatan. Nggak ada istilah kekosongan jabatan presiden dan wapres gara-gara cuti kampanye,” pungkasnya. (Red)


Photo Credit : KPU menilai Jokowi bisa gunakan pesawat kepresidenan pada saat kampanye di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang. | Setkab

Share