Pilkada Jatim, Khofifah-Emil Ungguli Syaifullah-Puti

"Dalam pengukuran elektabilitas terbuka juga diketahui masih ada sekitar dua persen responden yang masih merahasiakan pilihannya. Sedangkan masih ada sebanyak 38,2 responden mengambang."

Pilkada Jatim, Khofifah-Emil Ungguli Syaifullah-Puti


Telegraf, Jakarta – Tingkat keterpilihan (elektabilitas) pasangan Calon Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah-Emil masih sedikit lebih unggul di atas pasangan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur.

Dalam hasil survei Roda Tiga Konsultan diketahui, pasangan Khofifah-Emil dipilih oleh 36,9 responden, sedangkan pasangan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur dipilih oleh 33,3 persen responden.

Direktur Riset Roda Tiga Konsultan, Rikola Fedri, menjelaskan, selain memiliki elektabilitas kandidat (tertutup) yang paling tinggi, pasangan Khofifah-Emil ternyata juga memiliki elektabilitas top of mind tertinggi dibanding Syaifullah Yusuf-Puti Guntur.

“Elektabilitas terbuka top of mind Khofifah-Emil 32,0 persen, lebih unggul secara signifikan dari Syaifullah Yusuf-Puti Guntur yang hanya mendapatkan dukungan sebesar 28,0 persen,” kata Rikola dalam rilis hasil survei Pilkada “Survei Pilkada 4 Provinsi: Jabar, Jateng, Jatim, dan NTT”, Jumat (22/06/18) di Jakarta.

Dalam pengukuran elektabilitas terbuka juga diketahui masih ada sekitar dua persen responden yang masih merahasiakan pilihannya. Sedangkan masih ada sebanyak 38,2 responden mengambang.

Dalam survei kali ini, Roda Tiga Konsultan menggunakan metode stratified systemic random sampling dengan waktu survei antara 28 Mei sampai 2 Juni 2018 dan jumlah responden mencapai 1.200 orang. (Red)


Photo Credit : Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut satu Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Emil Dardak (kanan) mengikuti debat publik I Pilgub Jatim di Gedung Dyandra Convetion Center, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/4). ANTARA/Zabur Karuru

 

KBI Telegraf

close