Piala Dunia U-17 Indonesia Sukses, Penonton Lampaui Target FIFA

Oleh : Idris Daulat
Tenaga Ahli Kemenpora Bidang Diaspora dan Kepemudaan Hamdan Hamedan saat mengunjungi Information Center Piala Dunia U-17 Surakarta, Sabtu (2/12/2023). Tingkat rata-rata kehadiran penonton di stadion dikatakannya sudah melampaui target FIFA. Dan ini patut mendapat apresiasi.

Telegraf – Piala Dunia U-17 Indonesia memasuki laga final pada Sabtu malam, dan prestasinya tidak hanya terlihat di atas lapangan. Jumlah penonton yang memadati stadion-stadion tempat pertandingan diadakan telah melebihi target yang ditetapkan oleh FIFA, Surakarta (2/12/23).

Hamdan Hamedan, Tenaga Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga Bidang Diaspora dan Kepemudaan, menyampaikan informasi ini di Information Center Piala Dunia U-17 Surakarta pada Sabtu.

Ia mengungkapkan bahwa animo publik terhadap Piala Dunia U-17 sangat tinggi, melebihi ekspektasi pihak penyelenggara.

“Piala Dunia U-17 perdana bagi kita, diselenggarakan dalam waktu singkat setelah pengumuman resmi.

Namun, animo publik begitu tinggi untuk hadir di pagelaran ini,” kata Hamdan.

Ia melaporkan bahwa kehadiran penonton di empat stadion utama, yaitu Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Manahan (Solo), Si Jalak Harupat (Bandung), dan Jakarta International Stadium (JIS), telah melampaui target yang ditetapkan oleh FIFA.

“Informasi terakhir menunjukkan bahwa lebih dari 500 ribu penonton hadir di seluruh pertandingan,” ujar Hamdan.

Menurut laporan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), keterisian stadion rata-rata mencapai sekitar 11.000 orang per pertandingan, melebihi target FIFA yang hanya 10.000 penonton.

Selain itu, FIFA juga menyatakan kepuasannya terhadap penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Federasi sepak bola dunia ini mengapresiasi segala aspek, mulai dari penyelenggaraan acara hingga fasilitas pelayanan medis, serta keramahtamahan masyarakat Indonesia.

“Pada 14 November 2023, FIFA mengeluarkan pernyataan resmi yang menyatakan kepuasan mereka dan mengapresiasi kerja keras pemerintah, PSSI, Pemprov, dan Pemkot dalam menggelar acara ini,” tambahnya.

Terfokus pada penampilan Timnas Indonesia U-17, Hamdan menegaskan bahwa kesuksesan turnamen ini dapat diukur dari bagaimana pemain yang dipersiapkan dapat menjadi profesional.

Ia berharap setidaknya 50 persen dari mereka dapat melangkah ke tim senior Indonesia.

“Dengan fokus pada Youth Development, diharapkan lebih dari 30 persen pemain U-17 bisa sukses menjadi pemain profesional dan bergabung dengan Timnas Garuda Senior,” ucapnya.

Hamdan juga menyoroti bahwa kesuksesan ini dapat membuka peluang bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola internasional lainnya, seperti Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia Timnas senior.

Lainnya Dari Telegraf


 

Copyright © 2024 Telegraf. KBI Media. All Rights Reserved. Telegraf may receive compensation for some links to products and services on this website. Offers may be subject to change without notice. 

Telenetwork

Kawat Berita Indonesia

close