Operasi Bersih Gunung Slamet Ikut Libatkan Pendaki Asal Finlandia

“Saya senang sekali bisa bergabung dengan para pendaki dari Indonesia. Kebetulan saya pas liburan ke Indonesia, jadi sekalian ingin mendaki,”

Operasi Bersih Gunung Slamet Ikut Libatkan Pendaki Asal Finlandia


Telegraf, Purbalingga – Seorang pendaki asal Finlandia, Yushe (19) ikut dalam kegiatn pendakian dan bersih-bersih Gunung Slamet, Selasa (13/12/2016) petang. Pendakian dan bersih Gunung Slamet itu merupakan rangkaian kegiatan Kongres Gunung yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga dalam rangka mengedukasi para pendaki agar selalu menjaga kebersihan area pegunungan selama melakukan pendakian.

Yushe seorang pendaki asal Eropa Utara itu bergabung dengan rombongan pendaki dari Jakarta yang berjumlah sekitar 12 orang. Mereka menempuh rute melalui pos Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja.

“Saya senang sekali bisa bergabung dengan para pendaki dari Indonesia. Kebetulan saya pas liburan ke Indonesia, jadi sekalian ingin mendaki,” ujarnya kepada wartawan, sesaat sebelum mulai pendakian ke puncak gunung setinggi 3.428 meter dari permukaan laut tersebut.

Pendaki lain yaitu Arman (21) warga Tanggerang menuturkan, ia bersama tujuh rekannya semula tidak mengetahui adanya gerakan bersih gunung yang melibatkan sedikitnya 1.500 pendaki. Ketika tiba di Pos Bambangan, ia melihat ribuan pendaki di Dusun Bambangan.

“Kami jadi semakin bersemangat untuk melakukan pendakian. Soal sampah, tentu akan kami bawa pulang. Sebagai pecinta alam, kita sudah terbiasa setiap kali naik gunung, turun harus bawa sampah sendiri-sendiri,” ujar Arman.

Petugas pos pendakian Gunung Slamet di Bambangan, Slamet Ardiansah mengungkapkan, sejak Sabtu (10/12/2016) pendaki banyak yang berdatangan dari berbagai kota di Indonesia. “Ada sekitar 1.000 lebih pendaki yang melakukan pendakian ke puncak Slamet pada libur akhir pekan kemarin,” ujar Slamet. (Red)

Photo credit : Toto Rusmanto


KBI Telegraf

close